80% Mahasiswa Gizi Sudah Sarapan

Rabu (10/10) saya menyajikan sebuah materi ke Mahasiswa Semester III Kelas A Jurusna Gizi Poltekkes Makassar tentang penyajian data. Salah satu topic dari materi tersebut ialah bagaimana cara membuat master table serta membuat table tunggal dari master tabel.

Untuk memudahkan mahasiswa memahami alur berfikir dalam pembuatan master table, maka saya membuat sebuah survey cepat dengan topic : “Gambaran kebiasaan sarapan pagi mahasiswa Jurusan Gizi Poltekkes Makassar kelas A”.

Desain yang digunakan adalah survey dengan menggunakan metode self administered questionnaire, jumlah sampel ialah total sampel (40 orang). Instrument yang digunakan ialah kuesioner yang terdiri atas 5 pertanyaan.

Responden terdiri atas 35 orang perempuan dan 6 orang laki-laki, dengan rata-rata usia sekitar 19.3 tahun. Hasil survey menunjukkan bahwa sebanyak 33 orang (80.5%) mahasiswa menyatakan bahwa mereka melakukan sarapan. Waktu sarapan sangat bervariasi, mulai dari sesaat setelah bangun (9.1%), 30 menit setelah bangun (39.4%), 60 menit setelah bangun (33.3%) dan lebih dari 60 menit setelah bangun (18.2%).

Sebagian besar responden melakukan sarapan dalam 6 (enam) hari terakhir sebanyak 1-3 kali dan 4-5 kali, yaitu masing-masing 39.4%, dan hanya 21.2% yang melakukan sarapan tiap hari. Jenis sarapan yang dikonsumsi umumnya (42.4%) dalam bentuk makanan berat (Nasi/roti/bubur/kue) dan minuman (the/kopi/susu), sedangkan yang hanya mengonsumsi makanan berat saja sebanyak 36.4%), makanan ringan (kerupuk/biscuit) dan minuman sebesar 18.2%).

Sebagian besar mahasiswa mengonsumsi sarapan sebanyak 1 porsi (63.6%), persoalannya kemudian, pada survey ini saya tidak mendapatkan informasi secara detail seberapa banyak (baca: gram) satu porsi sarapan tersebut, karena kuesioner yang saya susun tidak didesain untuk mendapatkan informasi yang detail.

Saya bisa menyimpulkan bahwa, paling tidak mahasiswa gizi Jurusan Gizi Poltekkes Makassar, khususnya kelas A sudah melakukan sarapan, dengan kata lain mereka sudah mempraktekkan salah satu anjuran gizi seimbang.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*