Aksi Sehat, Ide Kecil untuk Indonesia

KBO Goes to USA

Oky Setiarso (baju batik) saat mengikuti kegiatan di Amerika

Namanya Oky Setiarso, pemuda yang saya kenal lewat sosial media itu punya segudang pengalaman sebagai relawan LSM. Perkenalan saya dengan Oky berawal dari Facebook, saat itu saya sedang menyusun tugas akhir sebagai Mahasiswa di salah satu Perguruan Tinggi di Jakarta, saya meminta bantuan ke Oky agar difasilitasi melakukan uji coba kuesioner di salah satu lokasi Kelas Belajar yang dia kelola. Sejak saat itu kami menjadi begitu akrab, saling bertukar pikiran dan sesekali terlibat diskusi sengit tentang bagaimana mengembangkan Kelas Belajarnya.

Saat itu Oky tengah mengelola sekitar delapan kelas belajar yang ia beri nama KBO singkatan dari Kelas Belajar Oky. Kedelapan kelas belajar itu bertebaran di Jakarta dan Sekitarnya. “ibu-ibu maunya pake nama saya meskipun saya kurang nyaman dengan nama itu tapi ya sudah saya ikut saja” ujar dia saat saya bertanya kenapa harus KBO.

Oky memegang sebuah prinsip, “daripada kita cuma sibuk mengkritik, lebih baik melakukan sesuatu”, ungkapnya. Oleh karena itu, Oky memanfaatkan hari liburnya, Sabtu-Minggu, untuk mengajar anak-anak yang kurang beruntung.

Ia memulai dengan mendekati anak-anak di daerah yang menjadi kawasan proyek bantuan LSM dimana Oky pernah bekerja. Ketika Gunung Merapi meletus tahun 2010, ia memulai kelas belajar di Desa Banyubiru dan Desa Krinjing, Dukuh, Magelang. Di Jakarta, Oky memulai di kolong Tol Pejagalan, Pluit, dengan 10 siswa.

Pelajaran pertama yang dia berikan kepada anak-anak itu sederhana, yakni bagaimana hidup bersih. Kebiasaan itu dia coba terapkan dalam kehidupan mereka sehari-hari, misalnya mencuci tangan, gosok gigi, dan mandi. Di sela-sela pelajaran ada acara menyanyi dan bermain.

Dengan visi terwujudnya kehidupan anak yang lebih sehat dan cerdas serta misi mengajak anak didik untuk melakukan perubahan perilaku hidup sehat dan cerdas melalui kegiatan kesehatan dan pendidikan, KBO terus berkembang hingga saat ini, salah satunya di Kota Makassar.

Kelas Belajar Oky Makassar

Begini pose kami, mana pose ta’? 😉😊

A post shared by Manjilala (@manjilala) on

Salah Satu Kegiatan di Kelas Belajar Oky Makassar

Sepulang dari Jakarta, saya memutuskan untuk membuat Kelas Belajar seperti yang Oky lakukan di Jakarta, saya memohon izin ke Oky agar menggunakan nama KBO supaya silaturahmi dengan dia dan beberapa relawan yang saya kenal saat saya masih di Jakarta tetap terjaga.

KBO Makassar terletak di Jalan Selayar Raya Perumnas Sudiang Kecamatan Biringkanayya Kota Makassar. Ketua RT saat itu memberi izin kepada saya untuk menggunakan Posyandu sebagai tempat kegiatan. Setiap Minggu pagi kami menghabiskan waktu di Posyandu itu, belajar bagaimana pola hidup bersih dan sehat, mengenal makanan dan minuman sehat dan bergizi, melakukan aktifitas fisik seperti olah raga dan permainan tradisional serta memperingati hari-hari besar Nasional dan Internasional.

Warga belajar yang berusia antara 7-12 tahun selalu antusias menyambut kami, “kakak apa lagi kita bikin hari ini”, kalimat itu selalu meluncur dari mulut mungil mereka saat kami tiba di lokasi, belum lagi motor terparkir dengan baik mereka sudah berkumpul sambil bertanya tentang kegiatan yang akan mereka lakukan pagi ini.

Aksi Sehat, Ide Kecil untuk Indonesia

astra aksi sehat

Aksi sehat yang diinisiasi oleh ASTRA sejalan dengan program Pemerintah saat ini serta aktivitas kami di KBO yang mengedepankan langkah-langkah promotif dan preventif dalam mengatasi masalah kesehatan di Masyarakat. Melalui aksi sehat bersama ASTRA dengan kegiatan utama ialah masak sehat, aktivitas sehat serta menjaga kebersihan lingkungan merupakan upaya cerdik agar masalah kesehatan bisa dicegah.

Kementerian Kesehatan RI telah mencanangkan Gerakan Masyarakat Sehat yang disingkat dengan GERMAS pada Hari Kesehatan Nasional (HKN) Tahun 2016. Sosialisasi GERMAS telah tersebar dari Sabang sampai Merauke, bahkan di HUT Sulsel ke 348 Tahun 2017 ini, Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Kesehatan melakukan kegiatan Gerakan 1000 Germas yg disingkat dengan G1000G, kegiatan ini dilaksanakan di 1000 titik di wilayah Provinsi Sulsel.

Fokus utama Germas pada Tahun 2016 ialah melakukan aktivitas fisik 30 menit per hari, mengonsumsi buah dan sayur serta memeriksakan kesehatan secara rutin minimal 6 bulan sekali sebagai upaya deteksi dini penyakit.

Peringatan Hari Kesehatan Nasional Tahun 2017 ini masih tetap mengangkat semangat GERMAS dengan tagline baru yaitu Sehat Keluargaku, Sehat Indonesiaku. Semangat HKN ke 53 Tahun 2017 diimplementasikan oleh ASTRA melalui GenerAksi Sehat Indonesia. ASTRA berusaha mengajak masyarakat Indonesia bersama-sama melakukan aksi sehat yang dimulai dari lingkungan keluarga, kerabat terdekat yang selanjutnya diharapkan mampu berkembang lebih luas ke seluruh lapisan masyarakat. Pendekatan yang dilakukan oleh ASTRA ialah mengonsumsi makanan sehat, melakukan aktivitas sehat serta menjaga kebersihan lingkungan.

Mengonsumsi Makanan Sehat

Paling tidak ada tiga hal yang perlu diperhatikan dalam mengonsumsi makanan sehat, pertama ialah pemilihan bahan. Pilih bahan makanan yang segar, tingkat kesegaran bahan berbanding lurus dengan kandungan gizi dan kualitas makanan yang dihasilkan. Berdasarkan jenis, tidak perlu ikut-ikutan memilih bahan makanan import karena bahan makanan lokal tidak kalah kualitasnya dengan bahan makanan import. Semakin beranekaragam jenis makanan yang diasup maka semakin sehat makanan itu.

Kedua ialah pengolahan makanan, pastikan bahwa dalam satu sajian menu paling tidak hanya satu jenis makanan yang digoreng karena kebutuhan minyak dalam sehari cuma 5 gram artinya dalam sehari kita dianjurkan untuk mengasup bahan makanan yang digoreng maksimal 2 jenis makanan.

Ketiga ialah penyimpanan makanan, jangan biasakan menyimpan makanan sisa dalam jangka waktu yang lama, karena rentan terkontaminasi dengan kuman serta penurunan kandungan gizi, oleh karena itu saat mempersiapkan masakan perkirakan bahwa makanan itu akan habis dalam satu kali makan.

Melakukan Aktifitas Fisik

Tidak semua aktifitas fisik itu masuk dalam kategori olah raga akan tetapi semua jenis olah raga sudah termasuk aktifitas fisik. Nah yang dianjurkan di sini adalah melakukan aktifitas fisik, bagi anda yang senang berolah raga silakan tekuni jenis olah raga tersebut dan bagi anda yang tidak hobby atau mungkin tidak memiliki banyak waktu untuk berolahraga maka silakan memilih berbagai jenis aktifitas yang bisa anda lakukan di tempat anda, misalnya di rumah anda bisa berkebun atau merawat tanaman, sesekali tidak menggunakan mesin cuci atau jasa loundry akan tetapi mencuci secara manual dengan bantuan sikat, memarkir kendaraan cukup jauh dari kantor juga bisa dijadikan alternatif, naik turun tangga, dll.

Menjaga Kebersihan Lingkungan

Menyingkirkan duri saja dari jalanan sudah dikategorikan sebagai sedekah lalu mengapa sebagian orang masih nyaman membuang sampah di sembarang tempat?. Kebersihan sebuah lingkungan berbanding lurus dengan kejadian penyakit di sekitarnya. Oleh karena itu berbagai upaya penyadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan harus terus didukung.

Apa yang dilakukan oleh Oky Setiarso melalui KBO dan ASTRA melalui ASTRA Sehat merupakan salah satu contoh ide kecil yang memiliki daya ungkit yang luar biasa dalam mendukung program Pemerintah serta menciptakan masyarakat sehat.

Sudakah kamu melakukan Aksi Sehat hari ini?

Referensi

Banner Lomba Blog Astra

 

Tulisan ini diikutkan Lomba Blog Inspirasi 60 Tahun Astra

 

Please follow and like us:

30 Comments

  1. Langkah sederhana yang inspiratif, jika dilakukan secara berkesinambungan, konsisten dan menjadi habit bagi setiap orang, tentu akan menghasilkan perubahan positif yg signifikan.

  2. Ooh jadi tahu sejarah KBO deh saya
    Jadi, kurikulumnya KBO jg ditetapkan di KBO binaan ta?

    Inspiratif ya kisah KBO
    Semoga semakin berkah dan dicintai anak2.

    • Kalau ada waktu datanglah berkunjung sekedar menyimak dulu katifitasnya, kali’ aja ada yg bisa dibagi dg adik-adik :)

  3. Berharap semakin banyal oky lainnya yang tumbuh dan tak kalah menginspirasi biarpun itu di mulai dari hal kecil dan sederhana.

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*