Anakku Sehat Berkat ASI dan MP-ASI Berkualitas

Saya adalah ayah dari seorang putra yang saat ini berusia 3 tahun, sehari-hari kami memanggilnya Ai dan ia memanggil kami berdua Ayah dan Bunda. Ai lahir di hari yang istimewa, yaitu tepat Hari Kartini (21 April 2009) pukul 11.00 Wita di Salah satu RS. Pemerintah Kota Makassar.

Sejak awal kami berdua berkomitmen untuk memberikan yang terbaik buat Ai, karenanya saya senantiasa memotivasi bunda Ai utuk terus memberi ASI kepada anak kami selama ia mampu dan Alhamdulillah, Ai bisa mendapatkan ASI terus menerus hingga Ai berusia 3 tahun.

Agar produksi ASI bunda Ai bisa terjaga, saya berusaha menjaga kondisi emosional bunda agar tidak mengalami stress, karena saya memahami betul bahwa produksi ASI bisa terganggu jika ibu dalam kondisi stress, makanya beberapa pekerjaan rumah tangga harus saya lakoni, mulai dari belanja ke pasar, menyiapkan makanan buat Ai, menggendong Ai dan memberikan waktu buat bunda istirahat, memandikan Ai, dll. Harapannya adalah agar bunda bisa fokus memberikan ASI ke Ai.

Ketika Ai berusia 6 bulan, dimana waktunya ia diperkenalkan makanan selain ASI, kami berusaha agar Ai lebih sering dan lebih banyak diperkenalkan dengan makanan buatan bundanya daripada makanan instant, harapannya sekali lagi agar suatu hari ia  senang mengonsumsi sayur. Kami memahami betul bahwa banyak anak-anak tidak suka makan sayur ketika berumur diatas 1 tahun disebabkan karena proses pengenalan makanan pada usia transisi keliru. Mereka lebih mementingkan makanan instan ketimbang buatan rumah, sekali lagi karena alasan klasik yaitu lebih praktis.

Ai sekarang sudah berusia 3 tahun dan sudah hampir 3 bulan bermain dan belajar di sebuah lembaga pedidikan bernama PAUD (Pendidikan usia dini), ia semakin cerdas dan tumbuh sehat meskipun kadang merepotkan kami berdua tapi itulah buah hati kami dengan segala keunikannya.

Akhirnya, perkenankan saya mengucapkan banyak rasa syukur dan terima kasih buat bunda Ai yang sudah memberi ASI ke Ai sampai umur Ai 2 tahun lebih, serta telah mengajarkan berbagai macam rasa makanan, yang bunda Ai berikan secara bertahap sesuai dengan umur Ai.

Untuk masa depan Ai, sejak Ai berumur 1 tahun ayah dan bunda sudah mendaftarkan Ai pada sebuah asuransi kesehatan dan pendidikan yang insya allah akan menjadi tabungan buat masa depan Ai.

Harapan kami, semoga Ai menjadi anak yang sholeh, senantiasa menjalankan perintah Allah dan menjauhi larangannya, menjadi anak yang pintar, cerdas dan creatif yang senantiasa berbakti kepada orang tua serta bermanfaat buat orang-orang disekitar Ai kelak, tapi tidak dimanfaatkan dan tidak menjadi beban buat mereka.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*