Belajar Ngeblog dari Blogger Senior

Hari ini (1/9) saya berkesempatan hadir dalam sebuah event yang spektakuler, yaitu Bloglicious 2012 yang dilaksanakan di Aula kantor Bupati Kab. Maros. Kegiatan ini merupakan aktifitas tahunan yang diprakarsai oleh IdblogNetwork dan blogger Nusantara dan Kab. Maros menjadi lokasi ke tiga dari tujuh kota pelaksanaan event Bloglicious 2012.

Melalui tulisan ini, saya ingin berbagi cerita dengan anda tentang jalannya event Bloglicious 2012 di hari pertama, khususnya yang berhubungan dengan materi yang disajikan pada kegiatan tersebut.

Setelah acara pembukaan seremonial, materi pertama disajikan oleh Mas Anjar, seorang abdi Negara sekaligus blogger senior dan salah seorang Steering Committe Blogger Nusantara. Mas Anjar menguraikan panjang lebar tentang etika dalam ngeblog, Mas Anjar mengungkapkan bahwa hingga saat ini belum ada kode etik dalam ngeblog, karena blogger belum menjadi sebuah profesi. Akan tetapi etika dan local wisdom yang dianut oleh masyarakat Indonesia hingga saat ini bisa dijadikan pedoman yang tidak tertulis dalam melakukan aktifitas blogging. Mas Anjar menutup materinya dengan mengutip pernyataan dari cyberJournalist.net yang mengatakan bahwa sebaiknya seorang blogger be Honest and fair, minimize harm and be accountable.

Materi kedua dibawakan oleh Daeng Amril taufik Gobel atau familiar kami panggil Daeng battala. Daeng Amril merupakan salah seorang yang pernah menikmati masa muda di Maros yang saat ini telah sukses di Ibu Kota (Baca:Jakarta). Disamping pekerjaaan utama beliau sebagai karyawan pada salah satu industry migas di Jakarta, beliau juga dikenal sebagai blogger senior, dengan puluhan ppenghargaan yang sudah diperolehnya.

Daeng Amril menyajikan materi dengan tema : Menulis di blog dan manfaat yang menyertainya. Materi yang disajikan sekitar 30 menit tersebut dipandu oleh salah seorang pengurus harian Komunitas Blogger Maros yaitu Irfan Maulana Ago.

Blog berbeda dengan website, blog lebih interaktif karena memiliki fasilitas yang memungkinkan pembaca menuliskan komentar terhadap artikel yang disajikan, sedangkan website lebih bersifat statis atau satu arah, urai Daeng Amril dengan gamblang.

Blog dapat diartikan sebagai diari online yang berisi laporan aktifitas pemilik blog, berdasarkan peristiwa atau fenomena yang ia saksikan sehari-hari. Blog juga dapat disebut sebagai jurnal yang hanya berisi informasi yang spesifik, misalnya informasi tentang gadget, gizi, software, dll.

Kontent blog menurut daeng Amril, tidak melulu dalam bentuk tulisan yang biasanya terdiri atas berita, opini, cerpen atau puisi, akan tetapi bisa jadi dalam bentuk foto, video maupun kartun. Seorang blogger menuangkan informasi yang ada di kepalanya karena didasari oleh beberapa hal, antara lain :

—  Ia memiliki keingintahuan yang sangat besar tentang sebuah peristiwa

—  Memiliki keinginan untuk berbagi informasi atau opini dengan orang lain

—  Ia perlu membutikan sesuatu yang masih menjadi keraguan bagi dirinya

—  Ia yakin bahwa menulis dapat menghasilkan uang

—  Sebuah proses aktualisasi diri yang menyatakan bahwa  “aku menulis maka aku ada”

Akhirnya dipenghujung materinya, Daeng Amril memberikan motivasi buat peserta Bloglicious 2012, bahwa menulislah dengan hati, mulailah dari hal yang terjadi di sekitar kita, mulai dari hal yang kecil-kecil, sederhana namun memikat dan mulai dari SEKARANG !

Sebenarnya saya juga ingin berbagi dengan anda tentang materi ketiga yang berjudul Blogpreneur, akan tetapi saat materi tersebut disajikan saya sedang berada di masjid Raya Maros menunaikan Shalat Azar sehingga saya tidak bisa berbicara banyak tentang materi tersebut. Akan tetapi, sekilas saya mendengar bahwa blogpreneur itu tidak selalu berhubungan dengan toko online akan tetapi orang yang menulis tentang tips dan kiat-kiat enterpreanurship juga bisa digolongkan dalam kategori blogpreneur, yang jelas bahwa blog bisa menghasilkan uang itu adalah sebuah fakta dan benar adanya.

Semangat blogging, sampai jumpa di hari kedua Bloglicious 2012 Kab. Maros

 

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*