Cara Membuat Blog Panduan bagi Penggiat Gizi

Pengertian Blog

Blog merupakan singkatan dari Web-log, akan tetapi orang lebih sering menggunakan istilah blog ketimbang web-log. Web itu sendiri adalah nama lain dari website atau situs atau kumpulan halaman yang menampilkan informasi baik dalam bentuk teks, gambar maupun video. Sedangkan log itu catatan, sehingga web-log atau blog bisa diartikan sebagai sebuah catatan yang ditulis di sebuah website.

Lebih jauh kanda Amril Taufik Gobel atau biasa yang kami sapa dengan Daeng battala mengatakan bahwa “blog bisa diasumsikan sebagai “Rumah” bagi pemiliknya. Ia menjadi refleksi diri, sekaligus “etalase” atas ide, opini dan daya kreasinya kepada para pengunjung/pembaca blognya”.

Manfaat Blog

Saat ini banyak pihak yang sudah mulai menyadari pentingnya sebuah blog, karenanya tidak heran jika mulai dari orang biasa, pelajar, mahasiswa, dosen, selebriti, pejabat Negara, dll memiliki paling tidak satu alamat blog, entah itu berbayar atau gratisan.

Mengapa demikian?, karena blog merupakan salah satu media yang paling efektif untuk dijadikan sebagai sarana latihan menulis, mengungkapkan pendapat, berdiskusi, mencari literature untuk kebutuhan ilmiah atau tugas kuliah, membangun citra diri atau personal brand serta mengembangkan jaringan.

Mengapa penggiat gizi harus ngeblog

Paling tidak terdapat 3 (tiga) alasan mengapa orang gizi harus ngeblog, antara lain :

  1. Proses pencarian literature sudah mulai bergeser dari model text-book ke model  digital atau online, sehingga dibutuhkan orang-orang gizi untuk memperkaya informasi gizi yang tepat di dunia internet.
  2. Hampir semua artikel gizi di internet menggunakan referensi luar negeri, yang kadang tidak sesuai dengan konteks Indonesia, padahal Indonesia tidak kalah kaya akan referensi gizi, hanya kurang di eksplore.
  3. Keilmuan (baca : gizi) kita kekurangan penulis-penulis popular, padahal banyak informasi gizi yang harus disampaikan dengan bahasa yang mudah difahami oleh masyarakat awam.

Bagaimana memulai sebuah blog

  • Memilih nama domain (nama unik sebagai pengganti alamat IP address)

Terdapat dua type nama domain yang bisa anda pilih, Pertama ialah KOD (Keyword On Domain), atau keyword dijadikan sebagai nama domain, seperti : giziibuhamil.com, gizibalita.com, gizimu.com, dll. Kedua ialah Brandable Domain, atau brand atau merk yang anda ciptakan sendiri dijadikan sebagai nama domain, seperti : Manjilala.info, Tamalanrea.com, batukali.com, dll. Setiap type masing-masing memiliki kelebihan dan kelamahan, tergantung bagaimana anda mengoptimasi domain yang anda miliki.

  • Untuk riset keyword, anda bias menggunakan fasilitas Google Adwords Tool
  • Memilih hosting, berbayar atau gratisan
  • Tulis artikel sesuai dengan minat anda.
  • Setiap artikel yang anda posting paling tidak terdiri atas 300-400 kata, jika lebih dari itu sebaiknya anda menggunakan sub judul. Karena tidak semua pengunjung senang membaca artikel yang panjang.
  • Paragraf ideal antara 5 sampai dengan 8 paragraf pendek-pendek, agar memudahkan anda mengatur tampilan tulisan serta penempatan iklan.
  • Ulangi kata kunci yang dipilih sebanyak 3 kali dengan variasi yang berbeda untuk penguatan kata kunci yang dipilih. Mislanya kata kunci yang anda gunakan adalah gizi buruk pada balita, maka variasi yang bias anda buat adalah pengetian gizi buruk, jumlah gizi buruk, penyebab gizi buruk, dll.
  • “Menulislah setiap hari dan buktikan apa yang terjadi” (Wijaya Kusumah), atau paling tidak 5 artikel setiap minggu.
  • Jangan takut salah dalam beropini karena penulis/blogger terkenal sekalipun bisa keliru dalam menulis, tapi tetap anda harus bertanggungjawab terhadap apa yang sudah anda tuliskan.
  • Gunakan rujukan yang relevan atau berdasarkan pengalaman anda sendiri
  • Percaya diri. Anda tidak usah mengurungkan niat untuk menulis sebuah topik yang sama dengan apa yang sudah dituliskan oleh orang lain
  • Sebaiknya naskah yang akan anda posting, terlebih dahulu di tulis di notepad untuk kemudian di-copy-paste ke blog
  • Jika anda sedang mengalami “mati ide”, simpanlah tulisan anda sebagai draft, agar nantinya dapat dilanjutkan

Persoalan Klasik dalam Ngeblog

  • Tak ada waktu.
  • Mati angin atau Tak ada ide.
  • Tidak ada energi untuk menuangkan ide. Jika masalahnya hanya karena fisik, maka ini urusan dokter.
  • Kesepian. Merasa sendirian, sia-sia, tak ada kemajuan, padahal pengunjung ada, komentar ada.
  • Jenuh, bosan. Bahkan melihat blog sendiri maupun blog orang lain pun malas, tapi tidak jelas alasannya.

Memelihara Spirit Ngeblog

  • Tak semua posting diblog berisi hal-hal serius dan memiliki perspektif mendalam.
  • Segera Tangkap ide yang lewat.
  • Jangan Paksakan Diri, Bila sudah didepan komputer dan ide buntu,beranjaklah sejenak, lakukan kegiatan lain dulu seperti makan, dengarkan musik, baca buku, dll
  • Blogwalking,  Gali ide-ide baru dengan jalan-jalan ke Blog lain, menelusuri timeline di Twitter atau RSS Reader untuk melihat trend saat ini sebagai ide menarik yg diangkat ke blog
  • —Ambillah waktu jeda untuk beristirahat, untuk me-recharge diri sendiri. Isi waktu luang dengan kegiatan yg tak ada sangkut pautnya dgn dunia blog & internet.

Saudaraku, ngeblog itu memang tidak mudah, dan persoalannya bukan semata-mata keterampilan menulis tetapi lebih karena passion (semangat dan dorongan dari hati) dan kreativitas.

 

Sumber :

Amril taufik Gobel (2012) Menulis di Blog dan Manfaat yang Menyertainya. Materi Bloglicious 2012.

Gempur Abdul Ghofur (2012) SEO dan Google Penguin. Materi Bloglicious 2012.

Anandita Puspitasari(2010) Blog dan Media Sosial. Acer Indonesia dan dagdigdug.com untuk Guraru (Guru Era Baru)

Trianoraga (2010) Dasar Blogging II : Pilih KOD ato Brandable Domain.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*