Cara Mengatasi Pembengkakan Payudara

Pada tulisan sebelumnya kami telah menjelaskan tentang masalah-masalah yang umumnya muncul pada ibu menyusui (BACA DISINI). Pada tulisan ini kami akan menguraikan salah satu dari masalah-masalah tersebut, disertai dengan cara penanganannya.

Pembengkakan payudara merupakan salah satu masalah yang umum dialami oleh ibu menyusui. Pembengkakan payudara didefenisikan sebagai pembengkakan jaringan payudara dan biasanya sangat menyakitkan. Pada beberapa ibu, gejala yang muncul adalah payudara menjadi kencang, memerah, hangat ketika disentuh dan terasa berdenyut-denyut, dan biasanya disertai dengan demam.

Untuk mencegah terjadinya pembengkakan tersebut diatas, setelah ibu melahirkan, sebaiknya sesegara mungkin menyusui si kecil, menyusui sesering mungkin dan jangan dijadwal, menggunakan teknik menyusui yang tepat (lihat posisi menyusui)

Banyak referensi yang memberikan tips atau langkah-langkah yang dapat dilaukan oleh ibu saat mengalami pembengkakan paudara, berikut hanya sebagian kecil cara yang bisa ibu lakukan, antara lain :

  • Jika areola membesar, keluarkan terlebih dahulu ASI secara manual sebelum menyusui, hal tersebut bertujuan agar areola menjadi lebih lembut atau cukup lembut untuk diisap oleh bayi
  • Terus menyusui sebanyak mungkin sesuai keinginan bayi
  • Pijat payudara dengan lembut, hal ini penting untuk mengeluarkan/mengalirkan susu yang kental dan merangsang refleks nyaman pada ibu
  • Konsultasikan kedokter keluarga anda jika bermaksud menggunakan obat anti implamasi.
  • Gunakan pakaian yang pas atau sesuai, bra dengan cup yang besar untuk mengurangi rasa sakit
  • Gunakan kompres hangat untuk membantu pengeluaran ASI
  • Gunakan kompres dingin setelah atau diantara waktu menyusui untuk mengurangi edema dan rasa sakit.

Demikian kami sampaikan semoga bermanfaat, jika anda punya metode lain dan cukup efektif berdasarkan pengalaman anda, silahkan berbagi dengan kami.

Semoga bermanfaat, salam Gizi

Referensi :

  • GIUGLIANI, E. R. J. (2004) Common problems during lactation and their management. Jornal de Pediatria, 80, s147-s154.
  • SCHANLER, R. J. & ENGER, L. (2011) Patient information: Common breastfeeding problems. Waltham, MA, USA, UpToDate Marketing Professional.

2 Responses to “Cara Mengatasi Pembengkakan Payudara”

  1. Enes says:

    wow, di tabel nya mas arief vit C untuk 19-49 thn cuman 90 mg ya kebutuhannya, kok vit C yg djiual2 jauh lebih besar ya, minimal 500mg. apa ga bahaya untuk ginjal kita mas? thx b4

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply

Temukan Literatur


Guarded by Plagiarisma.Net
Internet Sehat Bronze