Cerita Anak SMA, Koq Aku Kurus ya?

Banyak anak SMA (Baca : remaja) yang ingin memiliki tubuh yang langsing, se-langsing artis idola mereka, sehingga hampir semua cara ia tempuh mulai dari mengurangi porsi makan, olah raga berlebihan sampai pada tidak makan sama sekali, nah loh…….?

Lalu yang terjadi adalah bukan tubuh yang langsing ia peroleh, tetapi justru terlihat kurus, dengan tubuh yang kurus tersebut akhirnya berdampak negatif terhadap kondisi kesehatannya, seperti sering sakit-sakitan, konsentrasi belajar di sekolah terganggu dan masih banyak lagi gangguan kesehatan lainnya yang ia alami.

Mengapa anak SMA (Baca : remaja) pengen langsing?

Tubuh yang langsing sebenarnya bukan saja impian para anak SMA (Baca : remaja) saja akan tetapi impian hampir semua wanita di Indonesia bahkan di dunia. Tubuh yang langsing menurut persepsi mereka adalah proporsi tubuh yang ideal antara tinggi dengan berat badannya, atau dengan kata lain berat badan ideal.

Impian tersebut sangat masuk akal jika dialami oleh sebagian besar remaja, karena pada usia ini body image dan pengaruh dari teman sebaya sangat kuat, disamping itu periode ini (Baca : remaja) merupakan proses pencarian identitas diri, jadi sangat wajar jika mereka ingin tampil sesuai dengan role model yang ada di image mereka atau sesuatu yang mereka anggap “baik” (Baca disini : Tahapan perkembangan remaja)

Mengapa anak SMA (Baca : remaja) menjadi kurus?

Prinsip dasar penurunan berat badan itu sebenarnya hanya satu, yaitu energy yang keluar/digunakan lebih banyak daripada energy yang masuk/dikonsumsi. Jika hal ini dilakukan terus menerus, maka bisa dipastikan berat badan kamu akan berkurang. Tentu saja terdapat beberapa factor lainnya, akan tetapi factor yang satu ini merupakan factor dominan dan yang paling utama.

Seperti yang saya uraiakan di atas, sebenarnya tidak ada satupun anak SMA (baca: remaja) yang ingin memiliki tubuh yang kurus, mereka sebenarnya ingin memiliki tubuh yang langsing, akan tetapi karena pengetahuan gizi yang tidak cukup sehingga yang terjadi kemudian adalah kurus atau kurang gizi, bukan langsing.

Berapa banyak anak SMA (Baca : remaja) yang Kurus?

Berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2007, sebanyak 14.8% penduduk Indonesia yang berusia diatas 15 tahun memiliki tubuh yang kurus, sedangkan RISKESDAS tahun 2010 menunjukkan bahwa, sebanyak 10.1% penduduk yang berusia 13-15 tahun mengalami tubuh kurus dan sekitar 8.9% dialami oleh mereka yang berusia 16-18 tahun.

Pertanyaannya kemudian, apakah kamu termasuk salah satu di dalamnya?, semoga tidak, karena jika betul adanya maka bisa diperkirakan saat ini anda membutuhkan bantuan agar berat badan anda kembali normal atau mungkin menjadi normal.

Karena, jika anda bertahan dengan kondisi kekurusan anda, maka terlalu banyak yang harus dikorbankan, apalagi saat ini sangat dibutuhkan berat badan normal untuk mendukung proses tumbuh kembang mu (Baca disini : Kebutuhan Gizi remaja)

Berat badan Ideal jauh lebih sehat buat anak SMA (Baca : remaja)

Jadi sebelum kamu memutuskan untuk “berdiet” dengan tujuan mengejar tubuh yang langsing, terlebih dahulu hitung status gizi kamu, apakah kamu masuk dalam kategori anak SMA (baca : remaja) yang harus menurunkan berat badan atau dengan berat badan saat ini  sebenarnya sudah cukup dan ambisi untuk menjadi langsing sesuai apa yang kamu impikan sebaiknya di pertimbangkan untuk menghindari penurunan berat badan yang kebablasan dan akhirnya malah menjadi kurus. Untuk mengetahui status gizi kamu, baca disini : pengukuran status gizi remaja

Bagaimana agar anak SMA (Baca : remaja) tidak kurus?

Tidak ada yang instant di dunia ini semua harus melalui sebuah proses, karena kita adalah makhluk hidup. Oleh karena itu, segala hal yang berhubungan dengan tubuh anda juga harus melalui sebuah proses dan kadang kala proses itu membutuhkan waktu yang cukup lama, tapi itulah hidup, hidup yang harus dijalani.

Jangan percaya pada advertising yang banyak menawarkan produk agar berat badan tetap ideal, berat badan cepat naik atau turun dan lain-lain. Tubuh mempunyai mekanisme sendiri dan masing-masing orang memiliki mekanisme tubuh yang berbeda-beda.

Yang harus anda lakukan, cukup menjalani pola hidup sehat dan bersih serta mengonsumsi gizi seimbang. Untuk kedua hal ini kamu bisa baca artikel saya yang lainnya disini (menjadi remaja sehat)  dan disini (jumlah makanan yang harus dikonsumsi remaja)

Semoga tulisan ini bermanfaat, Salam Gizi, Salam Anak SMA yang sehat

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*