DISABILITAS, BUKAN ORANG CACAT

Apakah adik-adik pernah mendengar istilah Disabilitas?, seperti itu kata pembuka saya saat berbagi di Kelas Belajar Oky Makassar Ahad (8/12). Serentak mereka berujar, “… tidak pernah kakak…”, lalu saya melanjutkan, “… apakah adik-adik pernah mendengar istilah orang cacat…”?. Merekapun menjawab dengan kompak “… pernah…”. Jadi, adik-adik, sekarang tidak boleh lagi menyebut saudara-saudara kita dengan panggilan orang cacat tapi dengan sebutan Disabilitas.

Cukup sulit memang mengenalkan kata baru ke anak-anak apalagi kata tersebut belum umum digunakan dipergaulan sehari-hari. Akan tetapi, seperti itulah konsep kami. Kami tidak terlalu memaksakan mereka untuk mengenal setiap kata atau istilah baru secara mendalam, yang terpenting mereka pernah mendengar kata atau istilah yang kami ajarkan itu sudah lebih dari cukup.

Istilah orang cacat memang cukup sulit tergantikan, apalagi istilah penggantinya cukup kebarat-baratan yaitu Disabilitas. Oleh karena itu dibutuhkan upaya yang kuat dari semua pemangku kepentingan untuk terus menyuarakan istilah Disabiltas dan bukan orang cacat.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*