FACTS, PERMAINAN EDUKASI GIZI DAN KESEHATAN

Usia anak identik dengan bermain, maka sangat tidak bijak jika setiap materi pembelajaran yang disajikan kepada anak dikemas dalam bentuk formal dan berkesan kaku. Oleh karena itu dibutuhkan usaha yang lebih kreatif bagi penggiat anak untuk menciptakan metode serta media pembelajaran yang lebih dinamis.

Kami mencoba menciptakan sebuah instrument yang menurut kami mampu membangkitkan semangat belajar anak. Instrument yang kami maksud ialah permainan ular tangga yang dimodifikasi dengan pesan-pesan Gizi dan Kesehatan.

Permainan ular tangga ini kami beri nama “FACTS” yang merupakan singkatan dari Fun, Active, Creative, Togetherness, Smart atau dengan kata lain, Kegembiraan, Aktif, Kreatif, kekompakan dan menjadi cerdas. Kelima komponen kata dalam FACTS diwujudkan dalam sebuah permainan yang dikemas dalam bentuk ular tangga.

Instrument ular tangga ini di cetak dengan menggunakan kertas Vinyl dengan ukuran 1.5 meter x 1.5 meter. Jumlah angka yang terdapat di dalamnya hanya 36, sedangkan permainan ular tangga pada umumnya menggunakan angka makssimal 100. Penggunaan angka yang tidak terlalu banyak dimaksudkan agar permainan ini bisa digunakan oleh banyak anak dengan waktu yang relative singkat, dan infosmasi yang terdapat di dalamnya bisa dipahami oleh anak.

Cara bermain cukup mudah, setiap tim terdiri atas 2 (dua) orang anak, 1 (satu) orang sebagai pion dan yang lainnya sebagai pelempar dadu. Mengapa membutuhkan seorang pelempar dadu, karena dadu yang digunakan dalam permainan ini dibuat dengan ukuran cukup besar yaitu sekitar 22 cm x 22 cm x 22 cm.

Anak yang bertindak sebagai pion akan melangkah sesuai dengan hasil lemparan dadu yang dilakukan oleh anggota timnya. Jika anak tepat berada pada angka yang menunjukkan aktifitas positif maka anak tersebut diminta untuk membacakan aktifitas positif tersebut dengan suara yang keras dan lantang lalu mengikuti instruksi yang terdapat pada gambar tersebut (naik tangga). Sebaliknya, jika anak berada pada angka dengan perilaku negative, maka anak juga diminta membacakan perilaku tersebut dengan suara yang keras dan lantang  lalu mengikuti instruksi yang terdapat pada gambar tersebut (gambar ular atau turun).

Akhirnya, anak yang lebih cepat menyelesaikan permainan ini akan mendapatkan reward, biasanya reward yang kami berikan dalam bentuk Buku tulis, buku cerita, alat tulis menulis, dll, dan kalau stock reward habis maka Applaus dari kawan-kawan mereka merupakan alternative reward yang tidak kalah hebatnya.

Mungkin di luar sana banyak permainan edukatif yang telah diciptakan oleh para penggiat anak bahkan mungkin lebih hebat dari apa yang kami perbuat, akan tetapi kami tetap menyadari bahwa sekecil apapun usaha kita untuk lingkungan sekitar khususnya untuk anak nilainya sangat besar di masa yang akan datang.

Berikut  beberapa foto anak yang menggunakan permainan ular tangga FACTS ini, Nampak kegembiraan dan keceriaan di wajah-wajah mereka. Kegembiraan dan keceriaan itulah yang membangkitkan semangat kami untuk berbuat lebih banyak untuk mereka.

 

Ular Tangga FACTS, Media Edukasi Alternatif

 

Anak-Anak Asik Bermain
Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*