GROUP DISKUSI AIMI, COOLING DOWN

Asosiasi Ibu Menyusui atau AIMI merupakan salah satu organisasi yang konsen melakukan edukasi terhadap ibu-ibu di Indonesia agar memberikan  ASI secara eksklusif kepada anak-anak mereka.

Perkenalan saya pertama kali dengan AIMI adalah ketika saya sedang memilih topic Thesis, sekitar pertengahan tahun 2011 lalu. Saat itu saya tertarik untuk mendalami seputar pemberian ASI dan permasalahannya, dan akhirnya saya melakukan registrasi untuk bergabung dengan group diskusi AIMI di jejaring social Facebook, dan beberapa minggu kemudian saya di approve.

Tidak hanya mengikuti diskusi-diskusi lewat group Facebook tersebut, akan tetapi saya juga sempat mengikuti kelas edukASI dengan topic Tantangan Menyusui yang dilaksanakan di salah satu Rumah Sakit di Jakarta, hal tersebut saya tempuh agar saya memiliki landasan teori yang kuat dalam memilih topic thesis saya.

Diskusi di Group Facebook AIMI

Luar biasa dan salut merupakan kesan pertama saya ketika mengikuti diskusi-diskusi di group AIMI, mengapa demikian?, karena pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh member dengan sangat cepat disambar oleh member lainnya maupun oleh admin, sehingga member dapat mendapatkan solusi atas permasalahan yang mereka alami saat itu juga.

Tapi sayang kadang pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan oleh member sering berulang sehingga muncul kesan “membosangkan” bagi mereka yang setiap saat memantau group ini, termasuk saya. Akan tetapi dengan telaten beberapa admin tetap menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, meskipun sebenarnya mereka sudah mengulas solusi pertanyaan tersebut pada member sebelumnya. Kondisi tersebut yang membuat saya memberi 2 jempol buat Admin.

Mengapa Pertanyaan berulang?

Munculnya pertanyaan berulang disebabkan karena Group Facebook tidak memiliki fasilitas Searching untuk keyword yang diinginkan, berbeda dengan website. Disamping itu, ada kesan member malas untuk membaca thread diskusi sebelumnya sehingga lebih praktis kalau langsung membuka thread baru.

Group Facebook AIMI Cooling Down

Entah ada apa, beberapa hari ini saya membaca sebuah thread di wall facebook saya dengan bahasa yang sedikit berbeda, berikut kutipannya :

 

Entah apa yang terjadi, karena sejak saya menyelesaikan thesis dan kembali ke tempat kerja, saya sudah mulai jarang berkunjung ke group diskusi tersebut, hannya sesekali ketika saya membutuhkan referensi.

Tetapi jika melihat kesan yang ditimbulkan dari thread tersebut, masalahnya cukup besar dan kompleks. Meskipun beberapa member sudah meminta untuk menghentikan polemik ini dan kembali seperti semula, akan tetapi Admin masih membutuhkan waktu untuk mengevaluasi alur diskusi di group tersebut.

Selamat datang di Sosial Media

Sosial media memungkinkan setiap orang, siapa saja untuk mengekspresikan unek-uneknya, meskipun beberapa orang mengatakan bahwa kita hidup di dunia timur yang masih menghargai budaya timur, akan tetapi orang bisa menjadi berbeda ketika berhadapan dengan social media.

Musuh besar Aktivis ASI adalah korporasi susu formula, tanpa berfikir negative terhadap korporasi tersebut, tetapi pasti mereka mulai khawatir melihat semakin gigihnya Aktivis ASI mempromosikan ASI sehingga mengancam dunia bisnis mereka, dan tidak menutup kemungkinan mereka “menghalalkan” segala cara untuk menghalang-halangi aktifitas Aktivis ASI, termasuk menyerang group-group di social media.

Ambil Hikmahnya

Penghentian sementara ini sepertinya membuka ruang buat member yang memiliki permasalahan untuk melihat dan mencari thread yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapi saat ini, meskipun butuh waktu, akan tetapi paling tidak masih bisa menemukan jalan keluar.

Saudaraku, semoga permasalahan ini cepat tuntas dan group diskusi AIMI kembali aktif seperti semula, karena saya sangat yakin masih banyak ibu-ibu yang membutuhkan group ini.

Salam sehat, salam ASI untuk Anak Indonesia

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*