Hari Bumi 2013 ala KBO

Salam Sehat….!!!

Ketika sebagian besar masyarakat Indonesia bersuka cita merayakan Hari Kartini, relawan Kelas Belajar OKY (KBO) memilih untuk merayakan Hari Bumi. Bukan tanpa sebab dan bukan kami tidak menghargai perjuangan sosok Kartini tapi lebih atas dasar pertimbangan bahwa adik-adik kami (baca:partisipan KBO) sudah sangat terpapar informasi tentang Kartini, sedangkan hari bumi, mungkin masih butuh pencerahan, tentang bagaimana memperlakukan bumi mulai dari hal-hal kecil.

Melukis dengan media sampah plastik

Sebenarnya tema ini aga’ sedikit bombastis dan cenderung provokatif heheh……. karena orang-orang akan menganggap bahwa aktifitas yang akan dilakukan ialah menggunakan sampah plastik sebagai media pengganti kanvas lukis.

Padahal yang saya maksud dari aktifitas ini ialah memanfaatkan limbah plastik pembungkus detergen dkk sebagai pengganti crayon untuk mewarnai sebuah objek dan objek yang kami pilih pada kegiatan ini ialah gambar sebuah rumah.

Bagaimana Ceritanya?

Tahap awal kami print-out sketsa rumah pada sebuah kertas karton daur ulang dan setiap anak akan mendaptkan 1 (satu) lembar. Selanjutnya kami menyediakan pembungkus detergen yang nantinya akan digunting oleh adik-adikĀ  menjadi bagian-bagian kecil sekitar 1-2 cm persegi, harusnya pembungkus detergen ini harus dibawa sendiri oleh adik-adik, tapi karena relawan lupa menyampaikan minggu lalu, maka jadilah kami yang nyari, heheh…

Setelah semua siap, semua permukaan sketsa diberi lem, lalu potongan-potongan plastik ditempelkan pada sketsa gambar tersebut sesuai dengan selera mereka.

Hari Bumi 2013 Ala KBO

Saya sudah menghubungi beberapa relawan yang berminat untuk berpartisipasi pada kegiatan tersebut, karena tema yang sedikit provokatif di atas sehingga banyak orang yang penasaran dan menyatakan diri untuk hadir pada kegiatan tersebut.

Saya pun sudah menyiapkan diri untuk turun langsung pada kegiatan tersebut, akan tetapi jadwal mengajar saya di salah satu kampus tiba-tiba berubah dan dengan sangat menyesal saya tidak bisa hadir ditengah-tengah adik-adik KBO.

Berdasarkan informasi dari relawan, kegiatan dimulai sekitar pukul 16.20 WITA yyang dihadiri oleh 4 orang relawan dari Jurusan Gizi Poltekkes Makassar. Jumlah adik-adik yang hadir sekitar 30-an orang. Banyak kejadian unik dari kegiatan tersebut (Berdasarkan laporan relawan), salah satunya ialah ketika relawan bertanya kepada adik-adik, mengapa hari ini kita mewarnai dengan mengunakan plastik, adik-adik menjawab, kalau media itu merupakan trend baru tahun 2013, heheheh……

Penasaran hasil kerja mereka, lihat foto di bawah yuk…..!!

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*