Hasil Utama Riskesdas 2018

Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) merupakan salah satu kegiatan rutin yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan RI, kegiatan ini telah berjalan selama 4 tahun yang dimulai sejak tahun 2007, 2010, 2013 dan 2018. Kegiatan yang bertujuan untuk menilai perubahan indikator terkait derajat kesehatan tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/ Kota. Menilai perubahan indikator determinan derajat kesehatan (Yankes, Lingkungan, Perilaku) tingkat Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/ Kota serta Menilai perubahan Indeks (IPKM) hasil pembangunan kesehatan tingkat kabupaten/kota dilaksanakan di seluruh Kab/Kota Se- Indonesia.

Latar belakang pelaksanaan survei ini ialah karena penetapan kebijakan strategis (RPJMN, Renstra) dan perencanaan program diperlukan data status kesehatan dan determinannya yang diukur di masyarakat, disamping itu untuk melihat trend keberhasilan pembangunan kesehatan dibutuhkan Riskesdas secara serial 5 tahunan. Riskesdas banyak dipakai sebagai bahan penyusunan kebijakan baik oleh Kemenkes, Bappenas, TNP2K, dan K/L Lainnya, termasuk Pemerintah Daerah, riskesdas juga dipergunakan untuk melihat perkembangan IPKM.

Disain dan Lokasi survei ialah potong lintang menggunakan kerangka sampel Blok Sensus (BS) Susenas bulan Maret 2018 dari BPS. Populasi adalah rumah tangga mencakup seluruh provinsi dan kabupaten/kota (34 Provinsi, 416 kabupaten dan 98 kota) di Indonesia.

Jika anda berminat memiliki Hasil Utama Riskedas 2018, silakan unduh di link berikut : Unduh Hasil Utama RiskesdasĀ 2018 (PPT/PDF)

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*