Kenapa Saya Jadi Blogger?

Memandu Salah Satu Sesi Di acara Bloglicious 2012 di Kab. Maros. kalau anda Blogger pasti tahu siapa yg saya pandu :)
Saya Memandu Salah Satu Sesi Di acara Bloglicious 2012 di Kab. Maros. kalau anda Blogger pasti tahu siapa yg saya pandu :)

 

Saya mulai mengenal dunia tulis menulis di dunia online sekitar tahun 2010, saat itu salah seorang kawan mengundang saya bergabung dalam sebuah group di social media, mereka menyebut nama mereka sebagai blogger. Sejak saat itulah kemudian saya mulai mencari info tentang dunia blogger yang kemudian hari saya tahu bahwa dunia blogger sangat menarik dan bahkan bisa mengasilkan uang.

Domain blog pertama saya ialah “Gizimu.com”, blog ini memuat informasi seputar pangan, gizi dan kesehatan. Seiring dengan berjalannya waktu, saya kemudian memahami bahwa “personal branding” bisa dibangun melalui sebuah blog maka saya memutuskan untuk membeli sebuah domain dengan menggunakan nama saya yaitu “manjilala.info”.

Konten manjilala.info tidak jauh berbeda dengan konten gizimu.com, yaitu memuat informasi seputar pangan, gizi dan kesehatan, akan tetapi manjilala.info jauh lebih personal karena sejak awal saya ingin membangun personal brand saya melalui manjilala.info, maka tidak heran jika beberapa informasi tentang profesi gizi (baca:DPD Persatuan Ahli Gizi Indonesia Sulsel) juga bisa anda peroleh di sana.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi tentang alasan saya kenapa saya jadi blogger, tulisan ini dibuat dalam rangka ikut meramaikan hari blogger Nasional yang diperingati setiap tanggal 27 Oktober setiap tahun.

Alasan #1 : Melatih kemampuan menulis

Kemampuan menulis dan berbicara itu tidak berbanding lurus, seseorang mungkin mampu berbicara di depan banyak orang berjam-jam, akan tetapi ketika diminta untuk menuliskan apa yang ia bicarakan belum tentu hasil tulisannya akan seapik ketika ia berbicara, begitu pula sebaliknya.

Menulis itu unik dan butuh proses latihan yang konsisten. Kadang banyak ide yang berkecamuk di alam pikir kita, akan tetapi sangat sulit menuangkan ide itu dalam sebuah tulisan. Sampai suatu hari, salah seorang Budayawan Muda di Kab. Maros memberi Tips untuk menghadapi kebuntuan tersebut, yaitu “Tulis-Tulis Saja”, pilih satu topic yang kamu kuasai lalu tulis. Mungkin kamu menganggap bahwa tulisan kamu itu sangat sederhana, akan tetapi banyak orang di luar sana yang mungkin akan menganggap tulisan kamu itu sesuatu yang luar biasa.

Aktivitas saya di dunia blogging adalah salah satu media latihan menuangkan ide melalui tulisan, dan mungkin suatu hari saya bisa menerbitkan sebuah buku dari tulisan-tulisan saya di blog yang saya kelola, dan itu tujuan utama saya sebenarnya.

Alasan #2 : Berbagi Informasi

Sehari-hari saya bekerja di dunia pendidikan dengan label kesehatan, sangat sering saya menjumpai mahasiswa bahkan alumni yang bertanya tentang sebuah referensi. Oleh karena itu, manjilala.info juga saya jadikan sebagai media bagi mahasiswa dan alumni untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Alasan #3 : Menghasilkan Uang

Untuk alasan yang ketiga ini sepertinya belum saya maksimalkan, karena uang yang saya hasilkan dari aktifitas blogging masih saya anggap sebagai bonus saja, padahal kemungkinan mendapatkan uang melalui aktifitas blogging sangat besar, dan saya belum sampai pada titik itu.

Seperti itulah alasan saya kenapa saya jadi blogger? Semoga saya bisa tetap konsisten menulis dan menulis. Selamat Hari Blogger Nasional, mari berkontribusi buat negeri lewat dunia tulis menulis.

Salam Sehat.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*