Makan Beraneka Ragam itu Penting

Saudarakau, tahukah kamu, tidak ada satupun makanan di dunia ini yang memiliki kandungan gizi yang lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan seseorang kecuali Air Susu Ibu (ASI).

ASI merupakan makanan yang memiliki kandungan gizi paling lengkap dan dapat memenuhi kebutuhan anak pada usia 0-6 bulan, karenanya pada usia tersebut tidak dibutuhkan tambahan makanan lain selain ASI.

Setelah usia 6 bulan, makanan yang dikonsumsi harus divariasikan atau di kombinasi dengan makanan lainnya agar dapat mencapai kebutuhan gizi seseorang, karena setiap makanan paling tidak hanya memiliki satu atau dua zat gizi dominan dengan jumlah yang terbatas. Proses mengkombinasikan satu atau dua jenis makanan inilah yang menjadi prinsip utama dari konsep mengonsumsi makanan beranekaragam.

Pertanyaannya kemudian ialah, bagaimana menilai apakah seseorang sudah mengonsumsi makanan beranekaragam atau tidak?. Berdasarkan indikator Keluarga Sadar Gizi (KADARZI) yang diterbitkan oleh Kementerian Kesehatan RI tahun 2007, paling tidak, seseorang harus mengonsumsi makanan pokok, lauk hewani, lauk nabati, sayur dan buah setiap hari.

Lauk hewani dan buah merupakan indikator utama dalam menilai makan beraneka ragam. Kategori Baik jika dalam makanan utama terdapat lauk hewani dan buah setiap hari dan belum baik jika tidak terdapat kedua makanan tersebut.

Pemilihan lauk hewani dan buah menjadi indicator utama karena protein hewani merupakan sumber asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh, disamping itu protein yang berasal dari sumber hewani merupakan protein kualitas tinggi yang mudah diserap oleh tubuh. Sementara itu, buah kaya akan vitamin, mineral serta serat.

Persoalannya kemudian ialah, tidak semua orang bisa mengakses protein hewani dengan mudah, karena hargannya yang relatif mahal (untuk sebagian orang), sedangkan konsumsi buah belum menjadi budaya di masyarakat kita dan masih menjadi persoalan tersendiri hingga saat ini.

Nah saudaraku, sudahkah beragam makanan kamu hari ini?, #mari mencoba

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*