Masalah Gizi pada Remaja

Penyebab masalah gizi pada remaja

Pada tulisan sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang pengertian remaja (baca disini) serta tahapan perkembangan pada remaja (baca disini). Tulisan berikut mencoba untuk menguraikan masalah-masalah yang sering muncul pada remaja, khususnya yang berhubungan dengan gizi.

Masalah gizi yang terjadi pada remaja umumnya disebabkan oleh satu sumber utama yaitu pola makan yang kurang tepat. Pola makan yang kurang tepat pada remaja, secara garis besar dipengaruhi dua hal, antara lain faktor lingkungan dan faktor personal atau individu dari remaja itu sendiri. Berikut kami sajikan sebuah model yang menunjukkan factor-faktor yang mempengaruhi pola makan pada remaja, yang diadaptasi dari Story M, Alton I (1996).

Jenis-jenis masalah gizi pada remaja

Perilaku makan yang kurang tepat dapat membawa dampak negative terhadap kesehatan atau status gizi remaja. Berikut beberapa masalah gizi yang dapat dialami oleh remaja.

  1. Kelebihan berat badan atau obesitas
  2. Kekurangan berat badan
  3. Anemia zat besi atau kurang darah
  4. Hyperlipidemia
  5. Hipertensi
  6. Anorexia dan bulimia nervosa
  7. Body image
  8. Diabetes mellitus
  9. Gangguan kesehatan reproduksi

Setiap masalah tersebut di atas akan kami uraikan satu persatu pada tulisan-tulisan yang akan datang, mulai dari penyebab munculnya masalah sampai kepada cara penanganan masalah.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Jamie Stang and Mary Story (2005) Guidelines for Adolescent Nutrition Services. Center for Leadership, Education, and Training in Maternal and Child Nutrition, Division of Epidemiology and Community Health, School of Public Health, University of Minnesota

Comments
  1. Octi Vionita Dwi Lestari
    • manjilala
      • Francisco
  2. Danita Shipuden
    • manjilala
    • Heechul
  3. Rifenie Christabel

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *