Categorized | Gizi Remaja

Masalah Gizi pada Remaja

Penyebab masalah gizi pada remaja

Pada tulisan sebelumnya kami sudah menjelaskan tentang pengertian remaja (baca disini) serta tahapan perkembangan pada remaja (baca disini). Tulisan berikut mencoba untuk menguraikan masalah-masalah yang sering muncul pada remaja, khususnya yang berhubungan dengan gizi.

Masalah gizi yang terjadi pada remaja umumnya disebabkan oleh satu sumber utama yaitu pola makan yang kurang tepat. Pola makan yang kurang tepat pada remaja, secara garis besar dipengaruhi dua hal, antara lain faktor lingkungan dan faktor personal atau individu dari remaja itu sendiri. Berikut kami sajikan sebuah model yang menunjukkan factor-faktor yang mempengaruhi pola makan pada remaja, yang diadaptasi dari Story M, Alton I (1996).

Jenis-jenis masalah gizi pada remaja

Perilaku makan yang kurang tepat dapat membawa dampak negative terhadap kesehatan atau status gizi remaja. Berikut beberapa masalah gizi yang dapat dialami oleh remaja.

  1. Kelebihan berat badan atau obesitas
  2. Kekurangan berat badan
  3. Anemia zat besi atau kurang darah
  4. Hyperlipidemia
  5. Hipertensi
  6. Anorexia dan bulimia nervosa
  7. Body image
  8. Diabetes mellitus
  9. Gangguan kesehatan reproduksi

Setiap masalah tersebut di atas akan kami uraikan satu persatu pada tulisan-tulisan yang akan datang, mulai dari penyebab munculnya masalah sampai kepada cara penanganan masalah.

Semoga bermanfaat.

Sumber : Jamie Stang and Mary Story (2005) Guidelines for Adolescent Nutrition Services. Center for Leadership, Education, and Training in Maternal and Child Nutrition, Division of Epidemiology and Community Health, School of Public Health, University of Minnesota

7 Responses to “Masalah Gizi pada Remaja”

  1. Octi Vionita Dwi Lestari says:

    Perilaku makan yang kurang tepat dapat membawa dampak negatif terhadap kesehatan atau status gizi remaja.

    • manjilala says:

      Yup, begitulah kesimpulannya :)

      • Francisco says:

        Halo,Ada sebagian orang yang meangtakan bahwa menu sarapan sebaiknya jangan karbohidrat kompleks seperti nasi, roti, dll. karena justru akan membuat ngantuk. Supaya tetap segar dalam beraktivitas maka disarankan mengkonsumsi karbohidrat simpleks seperti makan buah-buahan, yang secara cepat menyediakan energi untuk beraktivitas. Gimana neh menurut pandangan mas Arief? Klo saya sih menu sarapan yang wajib ada adalah kopi sebelum makanan yang lain, efektif membuat mata melek hehe ngga baik ya? Jadi ingat buku The Miracle of Caffeine di situ kopi baik-baik aja sih hehehe Maturnuwun :)

  2. jelasin solusinya yang bener2 untuk solusinya donk.

    • manjilala says:

      tulisan ini hanya pengantar, masing-masing masalah tersebut akan kami jelaskan pada tulisan2 berikut karena pendekatannya juga berbeda.

    • Heechul says:

      Yaah, setuju.tetapi TIDAK boleh maknorbengan hati orang lain loh!Ngga baik. Ya kan??? Di dunia ini yang harus selalu dijaga itu adalah hati sesama kita manusia. piiisss :D

  3. Benar.
    Angka Kematian Tinggi Akibat Kekurangan Gizi.

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply

Temukan Literatur


Guarded by Plagiarisma.Net
Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri
Internet Sehat Bronze