Masalah Selama Pemberian ASI

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang masalah-masalah yang sering muncul saat ibu menyusui, maka terlebih dahulu kita harus memahami apa yang dimaksud dengan masalah selama menyusui.

Menurut pocket Oxford Dictionary , masalah didefenisikan sebagai the doubtful or difficult matter requiring a solution, sedangkan menyusui, sebagaimana pembahasan kami pada tulisan sebelumnya (klik disini) di defenisikan sebagai feed a baby from the breast. Oleh karena itu, masalah menyusui dapat difahami sebagai beberapa kesulitan yang dihadapi oleh ibu dalam proses pemberian ASI kepada anaknya.

Masalah selama menyusui sangat umum kita jumpai pada ibu menyusui, hal tersebut ditunjukkan dalam beberapa penelitian sebagaimana tabel berikut :

Penelitian oleh

Lokasi

Total sampel

Persentase ibu yang memiliki paling tidak 1 (satu) masalah

Abou-Dakn et al., 2009 West-Berlin, Germany

379

67.8%

Februhartanty et al., 2006 DKI Jakarta Province

277

87.3%

Lamontagne et al., 2008 Quebec

140

56.4%

Mallikarjuna et al., 2002 Rural Karnataka India

420

46.1%

Kondisi yang mengkhwatirkan adalah, lebih dari 80% ibu yang memiliki masalah menyusui juga mengalami durasi pemberian ASI yang lebih pendek serta berhenti memberikan ASI ke anak.

Kapan masalah mulai muncul

Hampir semua penelitian menunjukkan bahwa masalah mulai muncul sesaat setelah melahirkan, salah satu contoh penelitian yang dilakukan oleh Mallikarjuna et al., (2002) menunjukkan bahwa sebanyak 31.7% ibu memiliki masalah saat anak berumur 0-1 bulan, 1.2% saat umur 1-2 bulan, 13.4% saat umur 2-3 bulan, 9.8% saat umur 3-4 bulan, 18.3% saat umur 4-5 bulan dan 25.6% saat umur 5-6 bulan.

Ketidak mampuan ibu mengatasi masalah-masalah yang muncul menyebabkan muncul keraguan dalam diri ibu, apakah ia mampu untuk memberikan ASI atau tidak, kondisi tersebut pada akirnya akan berujung kepada proses kegagalan pemberian ASI.

Jenis masalah menyusui

Secara umum , kami dapat membagi masalah menyusui kedalam 3 (tiga) kelompok, yaitu :

Masalah yang berhubungan dengan aspek psikologis

  • Perasaan tidak nyaman
  • Perasaan capek dan lelah
  • Perasaan sakit pada puting atau payudara
  • Persepsi bahwa produksi ASI kurang

Masalah yang berhubungan dengan aspek fisik

  • Pembengkakan payudara
  • Luka pada puting
  • Penyumbatan pada saluran ASI (Plugged milk duct)
  • Mastitis
  • Berat badan bayi yang tidak berubah
  • Konstipasi pada bayi
  • Bayi sering menangis

Masalah yang berhubungan dengan aspek tehnik

  • Kesulitan mendapatkan posisi menyusui yang tepat
  • Kesulitan pelekatan oleh bayi
  • Penolakan menyusui oleh bayi

Masih banyak masalah-masalah yang bisa muncul saat menyusui, uraian di atas merupakan masalah yang paling sering kita jumpai pada ibu-ibu pada masa menyusui.

Penyebab masalah saat menyusui

Sebagian besar masalah-masalah tersebut di atas muncul karena posisi menyusui yang salah serta cara pelekatan mulut bayi pada payudara yang tidak tepat. Penelitian dari Righard (1998), menunjukkan bahwa sekitar 94% ibu yang memiliki masalah saat menyusui juga melakukan pelekatan yang tidak tepat, dan pada ibu yang tidak memiliki masalah saat menyusui, hanya 10% yang melakukan pelekatan yang tidak tepat (POSISI MENYUSUI & VIDEO PELEKATAN)

Cara mengatasi masalah saat menyusui

Kunci sukses keberhasilan menyusui adalah, posisi bayi dan pelekatan yang tepat, optimisme ibu bahwa ia mampu memberikan ASI serta dukungan dari keluarga, tetangga, lingkungan dan petugas kesehatan.

Ibu seharusnya sudah mengenal bagaimana cara menyusui yang baik dan tepat jauh hari sebelum ia melahirkan, serta termasuk bagaimana cara penanganan jika masalah saat menyusui muncul. Uraian tentang cara penanganan masalah saat menyusui akan kami uraiakan pada tulisan-tulisan berikutnya.

Semoga bermanfaat, Salam gizi.

Referensi :

  • ABOU-DAKN, M., SCHAFER-GRAF, U. & WOCKEL, A. (2009) Psychological stress and breast diseases during lactation. Breastfeeding Review, 17, 19-26.
  • AMIR, L., FORSTER, D., LUMLEY, J. & MCLACHLAN, H. (2007) A descriptive study of mastitis in Australian breastfeeding women: incidence and determinants. BMC Public Health, 7, 62.
  • FEBRUHARTANTY, J., BARDOSONO, S. & SEPTIARI, A. M. (2006) Problems During Lactation are Associated with Exclusive Breastfeeding in DKI Jakarta Province: Father’s Potential Roles in Helping to Manage These Problems. Mal J Nutr, 12 (2), 167-180.
  • GIUGLIANI, E. R. J. (2004) Common problems during lactation and their management. Jornal de Pediatria, 80, s147-s154.
  • LAMONTAGNE, C., HAMELIN, A.-M. & ST-PIERRE, M. (2008) The breastfeeding experience of women with major difficulties who use the services of a breastfeeding clinic: a descriptive study. International Breastfeeding Journal, 3, 17.
  • MALLIKARJUNA, H. B., BANAPURMATH, C. R., BANAPURMATH, S. & KESAREE, N. (2002) Breastfeeding Problems in First Six Months of Life in Rural Karnataka. Indian Pediatrics, 39, 861-864.
  • RIORDAN, J. (2005) Breastfeeding and human lactation, London W6 7PA, UK, Jones and Bartlett Publishers, Inc.

SOANES, C., HAWKER, S. & ELLIOTT, J. (1994) The Pocket Oxford Dictionary, USA, Oxford University Press.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*