Memahami Area Kompetensi pada Uji Kompetensi Diploma III Gizi

Jika tidak ada aral melintang, lulusan diploma III gizi di seluruh Indonesia akan menjalani uji kompetensi pada tahun 2015, menyusul dua profesi kesehatan sebelumnya yaitu profesi Perawat dan Kebidanan. Uji kompetensi menjadi momok yang menakutkan oleh sebagian calon lulusan Diploma III gizi, hal tersebut disebabkan karena jika mereka tidak lulus uji kompetensi maka mereka tidak akan dapat bekerja di fasilitas kesehatan, meskipun ijazah sarjana muda sudah di tangan.

Uji kompetensi terdiri atas 180 soal yang harus dikerjakan dalam waktu 180 menit atau 3 jam tanpa ada toleransi waktu sedikitpun. Ujian ini hanya menguji sekitar 80% dari 44 butir kompetensi yang harus dimiliki oleh lulusan Diploma III Gizi. Oleh karena itu anda tidak perlu mempelajari semua mata kuliah yang anda peroleh saat kuliah.

Bentuk soal uji kompetensi ialah Multiple Choice Question (MCQ) atau soal pilihan ganda dengan lima pilihan jawaban. Setiap soal terdiri atas 3 bagian, yaitu pertama, badan soal atau disebut dengan istilah Steam yang dibuat dalam bentuk Vignette atau studi kasus, kedua bagian pertanyaan dan ketiga bagian pilihan jawaban.

Pada kesempatan ini, saya ingin berbagi informasi tentang area kompetensi yang akan diujikan pada uji kompetensi. Semoga informasi ini dapat membantu anda dalam mempersiapkan materi ujian sehingga diperoleh hasil ujian yang maksimal.

Berdasarkan blue print Diploma III gizi, area kompetensi yang akan diujikan dikelompokkan ke dalam tujuh kelompok besar, yaitu :

1. Landasan Ilmiah Ilmu Gizi

Ruang lingkup landasan ilmiah ilmu gizi ialah Prinsip-prinsip persiapan makanan (Principles of Food Preparation), Komposisi bahan makanan (Food Composition), Prinsip-prinsip dasar ilmu gizi (Principles of Basic and Normal Nutrition). Jumlah soal pada item ini sekitar 5-10% atau 9-18 soal.

2. Asuhan Gizi Individu dan Kelompok (Gizi Klinik)

Asuhan Gizi Individu dan Kelompok (Gizi Klinik) akan menyajikan soal yang berhubungan dengan penapisan dan pengkajian (Screening and Assessment), diagnosis, perencanaan dan Intervensi (Planning and Intervention) serta pemantauan dan penilaian (Monitoring and Evaluation). Jumlah soal sekitar 30-40% atau 54-72 soal.

3. Managemen Program Pelayanan Pangan dan Gizi (Gizi Masyarakat)

Soal yang berhubungan dengan managemen program pelayanan pangan dan gizi (gizi masyarakat) ialah Sumber daya manusia (Human Resources), Keuangan dan sarana prasarana (Finance and Materials), Pemasaran produk dan pelayanan (Marketing Products and Services) dan Prinsip-prinsip dan fungsi manajemen (Management Principles and Functions). Jumlah soal sekitar 27-36 soal

4. Managemen Sistem Penyelenggaraan Makanan

Anda harus banyak belajar tentang pengembangan menu (Menu Development), Manajemen Pengadaan dan Penerimaan ( Procurement and Supply Management), Produksi, distribusi dan pelayanan makanan (Food Production, Distribution, and Service) serta Sanitasi, keamanan dan peralatan (Sanitation, Safety, and Equipment). Sekitar 27-36 soal akan membahas hal-hal tersebut

5. Etika Moral dan profesional Gizi

Soal yang berhubungan dengan etika moral dan profesional gizi tidak terlalu banyak hanya sekitar 9-18 soal. Akan tetapi soal yang berhubungan dengan etika moral dan profesional gizi ini tidak bisa dianggap enteng karena berhubungan dengan kode etik profesi gizi, Rujukan klien / pasien kepada ahli lain, Teknologi terbaru dalam kegiatan informasi dan komunikasi dan Dokumentasikan kegiatan pelayanan gizi.

6. Komunikasi Efektif

Kemampuan berkomunikasi juga menjadi salah satu poin yang akan dinilai dalam uji kompetensi. Sekitar 9-18 soal komunikasi efektif akan diujikan dalam ujian kompetensi. Komponen penting pada bagian ini ialah pengkajian dan perencanaan (Assessment and Planning) serta Pelaksanaan dan penilaian (Implementation and Evaluation).

7. Penelitian Terapan

Kemampuan di bidang penelitian terapan juga akan dijajal pada uji kompetensi nanti, meskipun soal yang berhubungan dengan item ini hanya sekitar 9-18 soal. Oleh karena itu anda harus lebih banyak belajar tentang jenis dan rancangan penelitian (Types of research and research design), Analisis statistic, interpretasi hasil dan penerapan (Statistical evaluation, interpretation and application), Proses dan penelitian mutu pelayanan pangan dan gizi (Quality Processes and Research).

Semoga informasi singkat ini bermanfaat dan untuk penjelasan lebih detil tetang item-item tersebut di atas, silakan mengisi kolom komentar di bawah, semoga saya bisa membantu anda. Salam sehat.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*