Mengenal Empat Gejala Khas Penyakit Tuberkulosis

Sumber : depkes.go.id

Tuberkulosis(TB) atau TBC merupakan salah satu penyakit yang disebabkan oleh bakteri tahan asam (BTA) yang dikenal dengan nama Mycobacterium tuberculosis, di samping bakteri tersebut dikenal jenis bakteri lain yaitu bakteri jenis MOTT (Mycobacterium Other Than Tuberculosis) yang sering mengganggu penegakan diagnosis dan pengobatan TB.

Bakteri penyebab TB pertama kali ditemukan pada tahun 1882 oleh Robert Heinrich Herman Koch, seorang ilmuan berkebangsaan Jerman. Sejak saat itu penelitian terkait penyembuhan dan diagnosis TB terus berkembang.

Berdasarkan laporan badan kesehatan dunia WHO tahun 2016, TB menduduki peringkat ke-10 penyebab kematian tertinggi di dunia. Meskipun demikian, jumlahkematian akibat penyakit ini mengalami penurunan sejak tahun 2000. WHO juga melansir data bahwa Indonesia termasuk di dalam lima negara yang memiliki insiden kasus TB tertinggi di dunia.

Mengenal gejala TBC penting sebagai bentuk kewaspadaan dini terhadap penyakit tersebut. Sebagaimana dilansir oleh Halodoc.com, gejala yang sering dijumpai pada pengidap TB antara lain batuk, demam, berkeringat di malam hari, dan penurunan berat badan yang disebabkan oleh nafsu makan berkurang. Berikut penjelasan singkat tentang empat gejala khas penyakit TB.

Batuk

Batuk pada umumnya bisa sembuh tanpa perawatan khusus, tetapi berbeda dengan batuk yang dialami oleh pasien TB, batuk yang disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis terjadi dalam jangka waktu lama umumnya dua minggu atau lebih. Batuk pada pasien tersebut sering disertai dahak kental dan kadang bercampur dengan darah yang menunjukkan terjadinya infeksi pada saluran pernapasan khususnya paru-paru.

Demam Tanpa Sebab yang Jelas

Demam adalah gejala umum dan alat yang efisien untuk memeriksa respons terhadap pengobatan TB. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sekitar 60%-85% pasien TB mengalami demam, kejadian demam biasanya berkurang setelah pengobatan akan tetapi beberapa pasien tetap mengalami demam meskipun telah menjalani proses pengobatan.

Durasi demam pada seorang pasien dikaitkan dengan tingkat keparahan atau kerusakan penyakit. Sebaliknya, demam yang berlanjut setelah pengobatan mungkin karena bakteri yang resistan terhadap obat dan atau kegagalan pengobatan, hal tersebut bisa digunakan sebagai indeks penting untuk mengevaluasi efektivitas pengobatan.

Berkeringat di Malam Hari

Berkeringat di malam hari adalah keluhan yang paling dominan pada pasien TB, meskipun demikian beberapa penyakit seperti HIV memiliki gejala yang sama, di samping itu penyalahgunaan obat-obatan seperti alkohol dan heroin juga dapat menyebabkan keringat di malam hari. Oleh karena itu, pemeriksaan secara menyeluruh untuk mengetahui penyebab keringat tersebut diperlukan karena saat ini mekanisme terjadinya keringat pada malam hari pada pasien TB belum diketahui secara pasti.

PenurunanBerat Badan

Berat badan rendah merupakancirikhas pada pasien TB, meskipun penyebabnya belum diketahui secara pasti, akan tetapi kemungkinan karena reaksi obat yang dikonsumsi, gangguan penyerapan zat gizi serta gangguan metabolisme tubuh akibat tingkat keparahan penyakit yang diidap.

Beberapa obat TB memiliki efek samping seperti mual, muntah serta penurunan nafsu makan oleh karena itu penting bagi pengidap TB untuk mengetahui aturan konsumsi obat, khususnya pengaturan jadwal makan dan konsumsi obat. Infeksi yang terjadi pada pasien TB  dapat mengakibatkan penurunan asupan, gangguan penyerapan zat gizi serta perubahan metabolism tubuh sehingga menyebabkan terjadinya proses penurunan massa otot dan lemak yang merupakan manifestasi kekurangan energi dan protein.

Ke empat gejala tersebut di atas umum kita jumpai pada pengidap TB, oleh karena itu jika anda atau kerabat mengalami salah satu atau ke empat gejala tersebut segera berkunjung ke unit pelayanan kesehatan terdekat agar dapat dilakukan pemeriksaan dan penyakit anda dapat diketahui lebih awal.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*