Mengenal Gula Tambahan

#SahabatGiziSeimbang yang baik, gula tambahan adalah gula yang ditambahkan ke makanan atau minuman seperti penambahan gula pada saat membuat kopi atau teh. Beberapa makanan dan minuman produk industri juga kadang ditemukan gula penambahan gula.

Tujuan penambahan gula pada makanan/minuman ialah untuk memberi citarasa agar rasanya lebih nikmat, disamping itu gula tambahan juga bisa berfungsi sebagai pengawet makanan/minuman.

Kementerian Kesehatan RI telah memberikan panduan konsumi gula tambahan paling tidak 4 sendok makan atau 50 gram dalam sehari. Oleh karena itu penting bagi anda untuk membatasi penggunaan gula pada saat membuat kopi atau teh serta membaca dengan teliti jumlah gula yang terdapat pada setiap makanan atau minuman kemasan yang akan anda konsumsi.

Khusus untuk makanan/minuman produk industri, gula tambahan memiliki banyak nama, antara lain : Dextrose, Fruktosa, konsentrat Jus buah, Glukosa, gula Pasir putih, sirup jagung tinggi fruktosa, Madu, sugar Brown, cane juice-gula tebu, cane sirup-gula sirup, sirup Malt, Molasses, Gula mentah- Raw sugar, Sukrosa, Sirup, , gula Jagung, sirup jagung, gula Invert, laktosa, Maltose.

Apa yang terjadi jika seseorang mengasup gula tambahan yang berlebih?

Asupan gula tambahan yang berlebih akan memaksa kelenjar pankreas untuk memproduksi hormon insulin lebih banyak, dalam jangka waktu yg lama kerja pankreas akan terganggu yang berisiko terjadinya penyakit DM. Disamping itu, kelebihan gula yang terdapat di dalam tubuh akan disimpan sebagai lemak yang berujung terjadinya overweight atau obesitas.

Selamat berpuasa, karena Puasa itu Menyehatkan.

gula

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*