Mengenal Konsep 8000 Hari : Investment in child and adolescent health and development

#SahabatGiziSeimbang yang baik, menemani Puasa Ramadhan hari ini, saya ingin bebagi informasi tentang konsep 8000 hari. Selama ini penggiat gizi dan kesehatan hanya mengenal 1000 hari pertama Kehidupan (HKP) yang dihitung mulai sejak bayi berada di dalam kandungan (270 hari) sampai anak tersebut berusia 2 tahun (730 hari).

Pada tahun 2017, Bundy, Donald A PAbubakara, Amina et al. Memperkenalkan konsep 8000 hari dalam sebuah artikel berjudul Investment in child and  adolescent health and development: key messages from Disease Control Priorities, 3rd Edition yang dimuat di The Lancet, Volume 391, Issue 10121, 687 – 699. Konsep 8000 hari ini merupakan kelanjutan dari konsep 1000 HPK.

Artikel tersebut menguraikan panjang lebar tentang penting investasi pada sumber daya manusia, untuk meningkatkan potensi manusia dalam pembangunan dibutuhkan investasi yang spesifik sepanjang 8000 hari yang dimulai dari anak masih di dalam kandungan hingga usia remaja akhir (usia 20an tahun). Fokus pada 1000 Hari Pertama Kehidupan memang penting akan tetapi tidak cukup untuk sebuah investasi.

Oleh karena itu dibutuhkan sebuah upaya yang sistematis dan intervensi yang tepat paling tidak pada tiga fase kehidupan setelah 1000 HPK, yaitu Fase 5-9 tahun, dimana kejadian penyakit infeksi dan kekurangan gizi masih menjadi masalah utama yang menganggu tumbuh kembang. Fase 10-14 tahun, ketika tubuh mengalami percepatan pertumbuhan, dan yang terakhir fase 15-19 tahun, ketika dibutuhkan intervensi untuk mendukung kematangan otak, keterlibatan di aktifitas sosial serta pengendalian emosi.

nomenclature Concering age and four key phase of child and adolescent development

Paket intervensi yang ditawarkan pada setiap fase anatara lain, pada fase 5-14 Tahun  yaitu Pemberian obat cacing, Promosi PHBS, Imunisasi Tetanus Toxoid & HPV, Kesehatan gigi dan mulut, Skrining gangguan penglihatan dan pemberian kacamata, Suplementasi Zat Gizi Mikro, Fortifikasi makanan dan School Feeding. Sedangakn pada fase 10-19 Tahun yaitu Promosi PHBS, Pelayanan kesehatan ramah anak/remaja, Promosi kesehatan reproduksi, Edukasi dan konseling gizi dan Edukasi dan konseling kesehatan mental.

Selamat berpuasa, karena Puasa itu Menyehatkan

Investment in child and  adolescent health and development: key messages from Disease Control Priorities, 8000 hari

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*