Menyusun Karya Tulis Ilmiah, mudah atau menyenangkan?

Apa yang terlintas dipikiran anda ketika membaca judul tersebut di atas? Saya sangat yakin anda akan meresponnya dengan jawaban “…Emang iya?, Cius?….” heheheh….. Saya juga sedikit bingung, apa kira-kira yang terlintas di pikiran kawan-kawan yang mengundang saya untuk membawakan sebuah materi diskusi pada hari Sabtu (17/11) di Auditorium Jurusan Gizi dan Fisioterapi Poltekkes Kemenkes Makassar dengan topik Karya Tulis Ilmiah Mudah dan Menyenangkan, yang jelas saya tidak pernah bertemu dengan orang yang mengatakan bahwa menyusun karya tulis ilmiah itu mudah, tapi kalau yang mengatakan menyenangkan mungkin banyak.

Sebenarnya kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa Poltekkes Makassar melihat penyusunan karya tulis ilmiah yang merupakan salah satu syarat untuk menyelesaikan pendidikan di Poltekkes Makassar dari sisi yang berbeda, yang pada akhirnya timbul sebuah kesan bahwa kegiatan tersebut bukanlah momok yang menakutkan tapi sebenarnya sebuah aktifitas yang menyenangkan.

Berdasarkan informasi dari panitia, kegiatan tersebut akan dihadiri oleh peserta dengan latar belakang yang beragam, mulai dari mahasiswa jurusan keperawatan, farmasi, gizi, fisioterapi, kebidanan, kesehatan gigi, analis kesehatan dan kesehatan lingkungan.

Mengingat latar belakang saya sebagai pemerhati ilmu gizi, maka keragaman peserta membuat saya sedikit banyak berfikir ekstra khususnya dalam hal penyajian contoh kasus, agar semua peserta bisa memahami materi yang saya sajikan.

Oleh karena itu, demi kelancaran diskusi pada hari sabtu nanti, maka saya mempublish melalui blog saya ini materi yang akan saya sajikan, dengan harapan peserta bisa menelaah materi tersebut dan saat materi disajikan, aktifitas peserta lebih banyak diskusi dan praktek langsung ketimbang materi yang bersifat teoritis.

Saya sangat meyakini bahwa materi yang saya buat masih jauh dari kata sempurna, akan tetapi saya berani mengatakan bahwa insya Allah materi ini sedikit banyak akan membantu peserta untuk memahami dengan baik proses penyusunan karya tulis ilmiah.

Semoga bermanfaat, salam sehat

DOWNLOAD MATERI DI SINI

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*