Minum Air Putih Sebelum Haus

minum air putih yang aman dan cukup
Sumber : health.detik.com

Air minum merupakan kebutuhan essensial bagi manusia, dikatakan essensial karena tubuh harus mendapatkan asupan air dari luar untuk memenuhi kebutuhannya. Beberapa fakta menarik yang membuktikan bahwa tubuh membutuhkan air dalam jumlah tertentu atau paling tidak sekitar 2–2.5 liter per hari adalah sebagai berikut :

  1. Sekitar 60-70% tubuh manusia terdiri dari air.
  2. Berdasarkan kelarutannya, vitamin dibagi menjadi 2 bagian yaitu vitamin larut lemak dan vitamin laur air, artinya air sangat dibutuhkan dalam proses metabolisme beberapa vitamin seperti Vitamin C dan B kompleks (tiamin, riboflavin, niacin, asam pantotenat, piridoksin, kobalamin, biotin dan asam folat).
  3. Manusia akan lebih cepat meninggal karena kekurangan cairan daripada kelaparan
  4. Jika tubuh anda kekurangan cairan (baca : dehidrasi), maka anda akan merasa kelelahan yang luar biasa, konsentrasi menurun, sakit kepala, pusing, gangguan metabolisme, gagal ginjal, dll.

Lalu pertanyaannya kemudian, mengapa masih banyak orang yang menganggap sepele persoalan mengonsumsi air yang cukup, padahal bukti-bukti ilmiah sudah lebih dari cukup untuk membuktikan bahaya yang ditimbulkan. Hasil penelitian The Indonesian Regional Hydration Study (THIRST) tahun 2009 menunjukkan bahwa Jumlah remaja yang mengalami dehidrasi ringan lebih tinggi (49,5 persen) jika dibandingkan orang dewasa (42,5 persen). Permasalahan lain yang muncul pada penelitian tersebut ialah lebih dari 50.0% responden tidak mengetahui manfaat air bagi tubuh serta tidak memahami gejala dan akibat dehidrasi.

Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mengetahui gejala dari kekurangan cairan pada tubuh sebagai salah satu indikator awal bahwa anda sedang mengalami dehidrasi. Menurut Prof. Hardinsyah (2010), paling tidak terdapat 4 hal gejala yang perlu diketahui, yaitu :

  1. Ketika tubuh mengalami kekurangan air sekitar 1% maka mulai menimbulkan rasa haus dan gangguan mood
  2. Kekurangan 2-3% meningkatkan suhu tubuh, rasa haus, dan gangguan stamina
  3. Kekurangan 4% dapat menurunkan kemampuan fisik 25%
  4. Kekurangan sampai 7% bisa menyebabkan pingsan

Sebagai seorang staf akademik, dimana hampir sebagian besar pekerjaan saya habiskan di depan komputer, maka asupan air yang cukup sangat dibutuhkan, agar stamina dan konsentrasi tetap terjaga selama mengerjakan tugas-tugas.

Jika anda memiliki jenis pekerjaan yang sama dengan saya, dimana waktu anda lebih banyak anda habiskan di depan komputer, maka berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk memastikan asupan air minum yang cukup.

  1. Siapkan teko atau gelas besar yang berisi air putih di atas meja kerja anda.
  2. Tempelkan sebuah notes di meja kerja anda dengan unkapan “Minum dulu dong” heheheh…….
  3. Cobalah untuk minum air sebelum anda merasa haus.
  4. Biasakan menggunakan air putih sebagai pendamping ketika anda makan siang atau makan malam, kurangi penggunaan teh manis atau minuman berkalori tinggi lainnya.
  5. Biasakan membawa air putih dalam kemasan botol atau botol minuman yang berisi air putih dalam tas anda.

Saudaraku, karena hidup hanya sekali maka jangan biarkan hidup anda menjadi tidak bermakna hanya karena menderita penyakit atau gangguan fisik akibat kurangnya mengonsumsi air minum

Akhirnya, Berapa banyak air minum yang anda konsumsi hari ini?

Salam Sehat, @Bloggergizi, #10HariNonstopNgeblogGizi

Referensi :

http://health.kompas.com/read/2010/04/21/15442211/Jangan.Sepelekan.Rasa.Haus

http://news.viva.co.id/news/read/138037-pentingnya_air_bagi_tubuh

 

 

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*