Mudahnya Re-Registrasi STR Tenaga Gizi

Tahun 2017 merupakan tahun yang paling berkesan bagi hampir sekitar 700an tenaga gizi di Provinsi Sulsel, pasalnya mereka harus melakukan proses perpanjangan Surat Tanda Registrasi atau yang biasa disingkat dengan STR.

Oh iya, STR itu merupakan salah satu kebijakan Kementerian Kesehatan yang tertuang di dalam Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 46 Tahun 2013 Tentang Registrasi Tenaga Kesehatan, salah satu pasal di dalam aturan tersebut menyatakan bahwa :

Setiap Tenaga Kesehatan yang akan menjalankan praktik dan/atau pekerjaan keprofesiannya wajib memiliki izin dari Pemerintah.

Untuk memperoleh izin dari Pemerintah sebagaimana dimaksud pada ayat (1) diperlukan STR.

STR sebagaimana dimaksud pada ayat (2) dikeluarkan oleh MTKI dan berlaku secara nasional.

STR dapat diperpanjang setiap 5 (lima) tahun setelah memenuhi persyaratan

 

Berdasarkan aturan semua tenaga kesehatan termasuk di dlaamnya tenaga gizi wajib memiliki STR dan pada tahun 2017 sebagian besar tenaga gizi tersebut harus melakukan perpanjangan STR.

Masalah kemudian muncul karena aturan menyatakan bahwa untuk memperpanjang STR, seorang tenaga gizi wajib memenuhi beberapa persyaratan, diantaranya ialah memiliki 25 Satuan Kredit Profesi (SKP). SKP ini dapat diperoleh melalui 7 parameter yaitu :

  1. Praktisi asuhan gizi
  2. Pelaksana Gizi Masyarakat
  3. Pelaksana Gizi Industri/jasa boga
  4. Pengembangan dan penelitian
  5. Pendidik
  6. Pengelola/ manajer
  7. Pengabdian Masyarakat

Tidak semua parameter tersebut di atas harus dipenuhi, cukup minimal 2 parameter dan setiap paramater maksimal terdiri atas 15 SKP. Jika kita menelaah dengan baik setiap parameter tersebut, maka 25 SKP bukanlah sesuatu yang sulit untuk diperoleh.

Pelaksana gizi masyarakat misalnya, jika mereka membuat perencanaan kegiatan setiap tahun maka dia akan memperoleh 1 SKP, jadi dalam 5 tahun bisa mengumpulkan 5 SKP hanya bermodalkan dokumen perencanaan tiap tahun.

Selanjutnya jika mereka membuat laporan tahunan, maka setiap laporan dinilai 1 SKP, artinya dari laporan tahunan tersebut mereka bisa memperoleh 5 SKP selama 5 tahun. Nah dari satu parameter ini saja sudah bisa terkumpul 10 SKP selama 5 tahun. Sisanya 15 SKP bisa diperoleh mellui kegiatan Seminar, Workshop dan Pelatihan.

Tatangannya kemudian ialah bagaimana seorang tenaga gizi dapat menunjukkan bukti fisik dalam bentuk dokumen dari setiap kegiatan yang mereka lakukan di tempat kerja, dan jika tenaga gizi tersebut tertib administrasi dan rajin mendokumentasikan setiap kegiatannya maka penyediaan dokumen atau bukti fisik bukanlah sebuah tantangan yang sulit.

Jadi sudah siapkah anda melakukan perpanjangan STR?

Salam Sehat.


Penjelasan Setiap Parameter

slide28 slide29 slide30 slide31

slide32 slide33

slide34

 

Please follow and like us:

38 Comments

  1. Terimakasih kak manjilala utk sharingnya, info yg sangat menarik. Utk yg bekerja di Puskesmas itu bisa pakai yg parameter pelaksana gizi masyarakat bukan ya kak? Trims ^_^

  2. Tetap aja susah untuk 15 SKP tambahan bg kami yg bertugas di daerah terpencil/tertinggal/perbatasan krn kami sangat jarang bahkan tdk pernah ikut seminar, pelatihan, ataupun workshop krn keterbatasan tranportasi dan biaya..

    • Ada beberapa hal yg bisa dimaksimalkan, misalnya : 1) Penyuluhan, jika sebuah PKM punya 10 posyandu dan petugas melakukan penyuluhan selama 30 menit di setiap posyandu maka dalam 5 tahun bisa memperoleh 5 SKP, perhitungannya : 10 posyandu x 30 menit x 12 bulan = 3.600 menit atau 60 jam/tahun, ini sama dengan 1 SKP/tahun. Kegiatan selanjutnya yg bisa kita maksimalkan ialah Pembuatan SOP, jika kanda Otto bisa menyusun 25 SOP maka kita bisa mendapatkan tambahan 5 SKP. Jadi total SKPnya sudah 10. Sisanya dari Kegiatan Rutin di Puskesmas seperti Penyusunan rencana usulan kegiatan, laporan F3 dan laporan tahunan.

      Tapi bagaimana pun juga semoga kedepan ada kemudahan bagi teman2 yg di perbatasan dan daerah terpencil.

      • Apakah dalam 1 tahun diharuskan 5 skp yg di dapat, jika lebih dr 5 skp yg di dapat dalam 1 thun apakah kelebihan skp tersebut masih di perhitungkan?

        • Tidak ada aturan 1 tahun 5 SKP itu hanya skenario saja, yg jelas dalam 5 tahun harus 25 SKP dengan proporsi yg seimbang sesuai dengan petunjuk.

  3. Kalo yang gak kerja terus dapat skpnya gimana dunk.cari sana sini paling juga jadi asisten di bpm bagi yg bidan terus solusinya gimana mbk ya

  4. Maksi infonya pak
    Mf pa..sy mau tanya.Saya skrg sudah dftr online untuk PERPANJANG StR gizi
    Tp pada formulir yg mau di print ada ttd diats materai pernyataan bahwa blm PERNAH memiliki Str…
    Bagaimana itu pak..
    Dr semua info yg sy baca, pendaftara OL hanya menjelaskan cara mndftr utk mereka yg blm perna punya StR
    Maksi pak…

    • Iya saya ingin menanyakan hal yg sama…apakah memperpanjang str gizi bisa lewat online… saya sempat kerja disebuah rumah sakit brhubg ikut suami pindah kerja akhirnya saya memutuskan mjd IRT sambil menunggu lowker…skrg STR saya habis masa berlakunya….

      • Perpanjangan STR bisa online tapi sebelum online, dokumen Fortofolio harus diverifikasi oleh tim penilai dari Persagi Provinsi untuk memastikan anda memenuhi kecukupan 25 SKP, setelah dianggap cukup maka Persagi Provinsi akan menerbitkan surat rekomendasi kecukupan 25 SKP. Berbekal surat rekomendasi itulah anda selanjutnya bisa mendaftar online di website MTKI.

        Jika yg anda maksud adalah apakah dokumen Portofolio bisa melalui online? saya, saya kira sulit karena bukti fisik fortofolio itu cukup banyak dan beberapa bukti fisik biasanya diminta dalam bentuk asli.

        Terima kasih

  5. Sertifikat seminar yang digunakan apakah stelah mdpatkan STR atau bisa sebelumnya (sertifikat selama kuliah), kak?

  6. Bagaimana dg kami yg dibagian p3m RS buk?.Apa msuk k kelompok jasa boga.krn kegiatan p3m mulai dr prncanaan bm smpai memantau pendistribusian

  7. Assalamualaikum pak manji,kalau buat yang sama sekali tidak punya pengalaman kerja dan seminar2 bgmna cara memperpanjangnya saya lulusan Aigi 2012

  8. maaf bu sepertinya sulit sekali bagi saya untuk memenuhi syarat diatas,,krn seperti kondisinya sy dirmh sakit,tp semenjak diangkat pns sy sptnya di bagian administrasi keuangan,krn minimnya tenaga,untuk instalasi gizi sudah ada 2 org,dan saya sudah pnya str yg sudah hrus diperpanjang,,bagai mana sy bisa mendapatkan skp tersebut,,apalagi di sini sangat jarang sekali ada seminar ato workshop,,gmn ya solusinya bu,,,

    • Betul banget, cukup sulit, solusinya hanya melalui ujian kemampuan, anda bisa menghubungi Persagi Provinsi Setempat

  9. Mhn ijin….sya bru kerja 1 tahun terakir ini krn urusan keluarga. Untuk syarat SKP dr seminar udah terpenuhi…selanjutnya untuk SKP dr asuhan gizi blm terpenuhi di karenakan tempat sya bekerja pasiennya sedikit sehingga SKP susah di dapat.
    Mohon intuj solusinya???

    • Cukup sulit memang kalau baru kerja 1 tahun, solusinya ikut ujian kemampuan saya, bisa menghungi Persagi Provinsi setempat

    • Perpanjangan STR bisa online tapi sebelum online, dokumen Fortofolio harus diverifikasi oleh tim penilai dari Persagi Provinsi untuk memastikan anda memenuhi kecukupan 25 SKP, setelah dianggap cukup maka Persagi Provinsi akan menerbitkan surat rekomendasi kecukupan 25 SKP. Berbekal surat rekomendasi itulah anda selanjutnya bisa mendaftar online di website MTKI.

      Jika yg anda maksud adalah apakah dokumen Portofolio bisa melalui online? saya, saya kira sulit karena bukti fisik fortofolio itu cukup banyak dan beberapa bukti fisik biasanya diminta dalam bentuk asli.

      Terima kasih

    • Di dinkes mirip ji Puskesmas Kakak, paling tidak ada item Perencanaan, Implementasi dan monitoring evaluasi dari satu kegiatan. Contoh Kegiatan Deteksi dini tumbuh kembang atau Pelacakan kasus gizi buruk. Selanjutnya Sertifikat seminar

  10. Maaf pak, kalau untuk lulusan gizi yang sdh pernah punya STR tp mungkin bekerja di sektor lain (tidak ada hubungannya dengan makanan & gizi), gimana cara nya spy bs memperpanjang STR pak?

    • Itu yg sulit, karena STR memang diperuntukkan bagi mereka hyg bekerja di pelayanan kesehatan. Ada banyak orang seperti Mba’ dan semoga pengambil kebijakan bisa melihat masalah ini.

  11. TERIMA KASIH BUAT INFONYA IBU… saya ingin bertanya.. Saya Seorang Ahli Gizi yg perna bertugas Jadi Pengelola Gizi Puskesmas di NTT Selama kurang lebih 2 tahun. Sekarang saya pindah domisili diBali. yg saya ingin tanyakan.
    1.Apakah saya bisa mengurus perpanjang STR di MTKP Bali? walaupun saya tamatan Luar Daerah Bali?
    2.Terkait SKP… yg jadi bahan bukti seperti Dokument Laporan2 bulanan yg saya perna kerjakan atau SOP. apakah harus ditandatangani pejabat puskesmas? krn saya sekarang tidak lagi kerja di Puskesmas
    3. Apakah SK penempatan kerja juga dihitung Dalam SKP?
    4. Tentang Sertifikat2. Contoh seperti Sertifikat kunjungan lapangan ke kemenkes atau sertifikat seminar kesehatan yg hubungannya dengan profesi lain selain Gizi apakah dapat dihitung juga SKP dalam hal pengurusan STR?
    Mohon Penjelasnya. Terima Kasih Ibu
    Salam SEHAT

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*