OLAHRAGA DI BULAN RAMADHAN

#SahabatGiziSeimbang yang baik, sambil menemani waktu berbuka Puasa anda hari ini saya ingin berbagi tips tentang aktifitas olahraga di bulan Ramadhan.

Bulan Ramadhan tidak bisa menghalangi kita untuk melakukan aktifitas olahraga, yang dibutuhkan tinggal menempatkan dan memilih waktu yang sesuai saja. Menurut kawan saya waktu yang tepat untuk berolahraga ialah “kalau sempat”, heheheh….. tentu ada yg melihat ini sebagai candaan tapi aktivitas olahraga itu sangat tergantung kebiasaan, waktu dan aktivitas individu masing-masing.

Selama bulan Ramadhan paling tidak ada dua waktu yg bisa anda jadikan momen untuk berolahraga, yaitu Sore hari menjelang berbuka Puasa dan Malam hari setelah Shalat Maghrib, tentu saja kalau anda memilih waktu yang kedua ini maka ibadah Tarwih bisa anda lakukan saat dini hari sebelum makan Sahur.

Penelitian menunjukkan bahwa “latihan dalam kondisi puasa akan meningkatkan aliran darah ke daerah perut, yang selanjutnya membantu membakar lemak perut lebih banyak” (Lagizi.com).

Kalau anda tidak bisa melakukan olahraga setiap hari di Bulan Ramadhan, maka cukup 2-3 kali seminggu. Hasil penelitian menyebutkan bahwa tidak penting seberapa sering anda berolahraga asalkan dalam seminggu tercapai total waktu 150 menit, frekuensi olahraga bersifat fleksibel sangat tergantung pada tujuan yang ingin dicapai (Kompas.com)

Jenis olahraga apa yang tepat saat Ramadhan?
Bagi anda yang sudah memiliki jenis olahraga yang rutin dilakukan sebelum bulan Ramadhan maka cukup melakukan olahraga tersebut seperti biasa, tapi bagi anda yang tidak memiliki kebiasaan berolahraga maka mulailah dari jenis olahraga yang intensitasnya ringan sampai sedang, seperti berjalan, jogging, bersepeda, dll.

Selamat berpuasa, karena Puasa itu Menyehatkan

olahraga di bulan ramadhan

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*