Pallubasa Alas dan Kopi Telur, Amankah?

 

Pallubasa merupakan salah satu makanan khas yang terdapat di Kota Makassar, makanan ini terbuat dari daging sapi, berkuah coklat dengan taburan kelapa parut sangrai di dalamnya.  Jika anda berkunjung ke Kota Makassar sayang jika anda tidak mencicipi makanan khas yang satu ini.

Terdapat dua model peyajian Pallubasa yaitu original dan alas. Original berarti Pallubasa disajikan seperti biasa tanpa penambahan bahan lain, sedangkan penyajian pallubasa alas berarti mendapat penambahan kuning telur mentah. Rasa gurih dari kelapa sangrai dan campuran telur mentah tentu membawa sensasi rasa yang luar biasa.

Akan tetapi, penambahan kuning telur mentah bukan tanpa masalah, beberapa referensi menunjukkan bahwa telur sangat rentan terkontaminasi oleh Bakteri Salmonella. Bakteri ini dapat penyebabkan masalah kesehatan bagi yang mengasupnya, reaksi yang ditimbulkan umumnya dalam bentuk Diare, pusing, mual, muntah, demam dan sakit perut. Reaksi tersebut mulai timbul setelah 5-30 jam setelah mengasup telur yang mengandung Bakteri Salmonella.

Tidak hanya Pallubasa, Kopi Telur saat ini sedang booming di Kota Makassar. Beberapa pekan yang lalu, salah satu stasiun Televisi Swasta meliput Kedai Kopi di Kota Makassar yang menjadikan Kopi Telur ini sebagai menu unggulan. Meskipun demikian kopi Telur sebenarnya bukanlah minuman baru di jagat ini, sudah sejak lama minuman ini dikenal di beberapa Negara Eropa dan Vietnam.

Cara pembuatan kopi telur sangat sederhana, kuning telur di masukkan ke dalam gelas atau cangkir, tambahkan susu kental manis atau gula pasir lalu kocok sebentar, setelah tercampur rata tuangkan larutan kopi ke dalam gelas atau cangkir selanjutnya kopi telur siap dinikmati.

Akan tetapi, sama halnya dengan Pallubasa alas kopi telur juga memiliki potensi terkontaminasi Bakteri Salmonella yang terdapat di telur, oleh karena itu bagi anda yang ingin mencicipi keduanya patut waspada, karena air panas dari pallubasa dan kopi belum tentu bisa membunuh Bakteri tersebut.

Jadi, bijaklah mngonsumsi kedua makanan tersebut dan konsumsilah telur matang jika anda ingin terhindar dari bahaya Bakteri Salmonella.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*