Pengertian Laktasi dan Menyusui

Laktasi dan menyusui adalah kata yang paling sering anda dapatkan saat membaca referensi tentang Air Susu Ibu (ASI). Beberapa orang mungkin saja kadang mengalami kesulitan membedakan kedua kata tersebut, atau paling tidak kapan harus menggunakan kata “laktasi” dan  “menyusui”.

Sebagai contoh 2 (dua) organisasi besar di Indonesia yang bergerak di bidang ASI seperti Sentra Laktasi Indonesia (SELASI) dan Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI). Mengapa SELASI menggunakan kata “Laktasi” dan AIMI menggunakan kata “Menyusui”? tentu saja hanya Funder lembaga itu yang bisa menjawab, hehehe…..

Tulisan berikut akan menguraikan perbedaan kedua kata tersebut di atas, paling tidak dapat membantu anda untuk menentukan kapan mengggunakannya.

Pengertian Laktasi

Berdasarkan pocket Oxford Dictionary, laktasi di defenisikan sebagai Secretion of milk atau suckling, atau dengan kata lain, laktasi adalah proses sintesis atau produksi serta pengeluaran ASI dari payudara.

Proses sintesis dan pengeluaran ASI ini melibatkan 2 (dua) macam hormon yaitu hormon prolaktin dan oksitosin. Hormon prolaktin membantu menstimuli produksi susu, produksi hormon prolaktin sangat dipengaruhi oleh frekuensi, intensitas dan durasi anak menstimuli puting melalui isapan, semakin sering anak menyusui, maka level hormon ini semakin meningkat dan tentu saja berdampak positif terhadap produksi ASI. Oleh karena itu yang perlu diperhatikan pada bagian ini adalah ketepatan posisi anak saat menyusui serta posisi pelekatan mulut pada payudara ibu (VIDEO PELEKATAN)

Sedangkan hormon oksitosin membantu proses pengeluaran susu ke puting. Berbeda dengan hormon prolaktin, hormon ini dipengarui oleh kondisi fisik dan mental si ibu. Produksi hormon ini meningkat saat ibu berada dalam situasi atau perasaan yang nyaman, aman dan tidak stress. Perasaan bahwa ASI kurang harus dihindari, ibu harus terus optimis bahwa ia mampu untuk menyusui dan produksi ASInya cukup, yang bertujuan untuk merangsang penegluaran hormon ini.

Pengertian Menyusui

Berdasarkan pocket Oxford Dictionary, menyusui di defenisikan sebagai feed a baby from the breast, atau dengan kata lain, menyusui adalah proses anak mendapatkan air susu melalui cara menyusu/mengisap/mengemut payudara ibu. Menyusui memiliki pengertian yang lebih luas dan lebih kompleks, karena tidak hanya membahas tentang ibu, tetapi juga si anak, atau dengan kata lain laktasi adalah salah satu bagian dari menyusui.

Kesimpulan

Ketika anda membahas tentang laktasi, maka anda hanya membahas aspek ibu saja, atau lebih ke arah bagaimana proses sintesis/produksi dan pengeluaran ASI. Sedangkan menyusui, membahas 2 (dua) hal, yaitu aspek ibu dan anak.

Semoga bermanfaat, Salam Gizi

Referensi :

  • CADWELL, K., TURNER-MAFFEI, C., O’CONNOR, B., BLAIR, A. C., ARNOLD, L. D. W. & BLAIR, E. M. (2006) Maternal and infant assessment for breastfeeding and human lactation, Mississauga, Ontario L5V 1J2 CANADA, Jones and Bartlett Publishers, Inc.
  • LAWRENCE, R. A. & M., R. (2011) Breastfeeding : a guide for the medical profession, Maryland Heights, Missouri 63043, Elsevier Inc.
  • RIORDAN, J. (2005) Breastfeeding and human lactation, London W6 7PA, UK, Jones and Bartlett Publishers, Inc.

SOANES, C., HAWKER, S. & ELLIOTT, J. (1994) The Pocket Oxford Dictionary, USA, Oxford University Press.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*