Categorized | Gizi Remaja

Prevalensi Overweight/Obesitas pada Remaja di Indonesia

Source : Suplemen.com

Overweight atau kelebihan berat badan merupakan perwujudan dari ketidakseimbangan metabolism energy yang melibatkan penimbunan lemak tubuh yang sedikit berlebih. Berbeda dengan obesitas, overweight merupakan peringatan dini (early warning) bagi seseorang untuk segera membenahi perilaku makan dan pola hidup sehat agar kondisi tubuh mereka tidak berubah menjadi obesitas.

Sedangkan obesitas merupakan kelebihan berat badan yang sudah masuk dalam kategori yang parah, dimana penimbunan lemak tubuh sudah sangat berlebih. Overweight dan obesitas sama-sama berhubungan dengan penyakit baik secara medis maupun psikososial.

Berikut prevalensi remaja yang mengalami overweight dan obesitas berdasarkan data Riset Kesehatan Dasar (RISKESDAS) tahun 2007 dan 2010.

Sebagai tambahan informasi, Riskesdas 2007 menggunakan standar Indeks Massa Tubuh (IMT), sedangkan Riskesdas 2010 menggunakan IMT/Umur berdasaran rujukan WHO 2005. Disamping itu, Riskesdas 2010 tidak memunculkan data overweight pada remaja.

Angka tersebut di atas masih tergolong rendah jika dibandingkan dengan jumlah obesitas di Negara maju seperti Amerika misalnya, yang pada tahun 2000 saja sudah menunjukkan angka 30% remajanya yang overweight dan sekitar 14% yang obesitas (NHANES 1999-2000).

Jika pemerintah tidak segera melakukan langkah-langkah antisipatif, maka jJumlah remaja yang mengalami obesitas pada tahun 2010 (1.4%) di atas, besar kemungkinan akan meningkat jumlahnya pada tahun-tahun yang akan datang, karena pada tahun yang sama (2010), jumlah balita yang mengalami obesitas sudah berjumlah sekitar 9.2% dan anak umur 6-12 tahun sebanyak 12.0%, dan di perparah dengan pola hidup remaja saat ini, yang cenderung meningkatkan risiko terjadinya obesitas seperti merokok, aktifitas fisik yang kurang, konsumsi sayur dan buah yang rendah serta konsumsi minuman atau makanan yang mengandung gula, garam dan lemak yang tinggi.

Saudaraku, ayo hidup lebih sehat dan bergizi.

One Response to “Prevalensi Overweight/Obesitas pada Remaja di Indonesia”

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply

Temukan Literatur


Guarded by Plagiarisma.Net
Internet Sehat Bronze