Sehat Berawal dari Tangan

Setiap orang pasti memiliki harapan agar tubuh mereka menjadi sehat dan terhindar dari penyakit, oleh karena itu berbagai cara ditempuh untuk menjaga atau menciptakan agar tubuh menjadi sehat, mulai dari memilih makanan yang sehat sampai kepada pengggunaan bahan antiseptic untuk membunuh kuman.

Tapi, sangat sedikit orang yang menyadari bahwa sesungguhnya sehat itu berawal dari tangan, mengapa demikian?. Coba kita telaah lebih detail, ketika seseorang membeli bahan makanan untuk diolah menjadi sebuah masakan, bahan makanan tersebut sudah bersentuhan dengan tangan, saat bahan makanan tersebut sampai di rumah dan mulai diolah juga bersentuhan dengan tangan, sampai kepada tahap konsumsi, masih bersentuhan dengan tangan.

Hasil penelitian Price dan Larson, dalam sebuah publikasi di American Journal of Infection Control, menyatakan bahwa total jumlah kuman di tangan bisa mencapai sekitar 4,6 juta unit koloni setiap area seluas satu sentimeter persegi, mulai dari telapak tanga, pungggung tangan, sela-sela jari maupun di balik kuku.

Nah kalau mau sehat, mulai lah mencuci tangan dengan sabun secara baik dan benar, khususnya setelah anda buang air besar, buang air kecil, sebelum dan sesudah mengolah makanan, sebelum dan sesudah makan serta setelah bermain, bekerja atau berolahraga di luar rumah.

Mau tau cara cuci tangan yang baik dan benar? Di googling aja ya heheh…..

Salam sehat

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*