Categorized | Artikel Bebas

SEMINAR NASIONAL 1000 HPK

Masalah gizi pada balita khususnya di Indonesia hingga saat ini masih menjadi masalah kesehatan masyarakat masyarakat. Data Riseksdas tahun 2007 menunukkan bahwa sekitar 18.4% balita mengalami gizi kurang, 36.8% pendek dan 13.6% kurus. Sedangkan di Sulawesi Selatan jumlah balita yang menderita kekurangan gizi tidak jauh berbeda dengan rata-rata Nasional, yaitu masing-masing 17.6%, 29.1% dan 13.7%.

Meskipun data tersebut di atas sudah dibawah target Rencana Pembangunan Jangka Menengah untuk pencapaian program perbaikan gizi (20.0%) dan target Millenium Development Goals sebesar 18,5% pada 2015, akan tetapi dari aspek jumlah balita, kondisi tersebut masih sangat mengkhawatirkan.

Masalah gizi tersebut di atas tidak hanya dialami oleh Indonesia, akan tetapi hampir semua Negara berkembang memiliki kondisi yang sama. Oleh karena itu beberapa Negara dan NGO yang bergerak dibindang pangan, gizi dan kesehatan membuat kesepakatan bersama untuk mempercepat proses penuntasan masalah gizi tersebut, khususnya kasus “Stunting”, yang selanjutnya gerakan tersebut dikenal dengan istilah Scaling up Nutrition (SUN) yang fokus pada 1000 hari pertama kehidupan.

Persoalannya kemudian ialah, tidak semua penggiat gizi memahami dengan baik konsep gerakan tersebut, kapan gerakan tersebut muncul, mengapa harus 1000 hari pertama kehidupan dan bagaimana bentuk kegiatan operasional di lapangan?.

Oleh karena itu, seminar nasional yang dilaksanakan pada hari Rabu/24 April 2013 di Hotel Sahid Makassar yang diselenggarakan oleh DPD Pesatuan Ahli Gizi Indonesia (PERSAGI Sulawesi Selatan dipandang perlu untuk mengulas lebih jauh konsep Scaling up Nutrition (SUN) sebagai salah satu gerakan baru percepatan penuntasan masalah gizi di Indonesia.

Seminar Nasional dengan tema Pencegahan Masalah Gizi Ganda pada 1000 Hari Pertama Kehidupan dihadiri oleh sekitar 300-an peserta dengan latar belakang petugas gizi puskesmas, petugas gizi rumah sakit, Dosen dan mahasiswa.

Berikut Materi dan pemateri seminar nasional tersebut :

  1. Prof. DR. A. Razak Thaha (Guru Besar Ilmu Gizi Unhas), Materi : Konsep dasar program Scaling up Nutrition/1000 hari pertama kehidupan (DOWNLOAD)
  2. Astati Made Amin, S.SiT, M.Kes (Kepala Seksi Gizi Dinkes Prop. Sulsel), Materi : Peran pemerintah dalam menyukseskan program 1000 hari pertama kehidupan (DOWNLOAD)
  3. Aswita Amir, DCN, M.Si (Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Makassar), Materi : ASI Eksklusif untuk anak sehat, cerdas dan shaleh (DOWNLOAD)
  4. Hj. Sri’ah Al Harini, SKM, M.Kes (Dosen Jurusan Gizi Poltekkes Makassar), Materi : Gizi seimbang pada periode 1000 hari pertama kehidupan (DOWNLOAD)

Bersama ini, Panitia Pelaksana mengucapkan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh peserta atas ketidaknyamanan yang terjadi selama proses pelaksanaan kegiatan seminar nasional, kami menyadari betul bahwa ketidak sempurnaan pelaksanaan kegiatan tersebut diluar kendali kami.

kepada seluruh tim panitia, kami ucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan seminar nasional tersebut, meskipun diiringi dengan berbagai macam masalah di dalamnya. semoga kedepan kita bisa berbuat lebih baik. Amiiin…!!!!

 

4 Responses to “SEMINAR NASIONAL 1000 HPK”

  1. Terima kasih banyak Pak Manji, materi seminar ini sangat membantu saya. thanks yaaaa….

  2. ✽̶┉♏∂ƙ∂șîħ┈⌣̊┈̥-̶̯͡♈̷̴ Ƴɑ̤̥̈̊ªªªª materi seminarx akan diteruskan ke puskesmas

  3. Andi Nur Hudaya says:

    mATERIX KAK iTA GAK BISA TERDOWNLOAD

Trackbacks/Pingbacks


Leave a Reply

Temukan Literatur


Guarded by Plagiarisma.Net
Komunitas Blogger Makassar, Anging Mammiri
Internet Sehat Bronze