Syukuri dan Nikmati Makananmu

sukuri dan nikmati makananmu
Sumber : www.erepublik.com

“Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu dan bersyukurlah kepada Allah, jika benar-benar hanya kepada-Nya kamu menyembah” (QS. Al Baqarah. 172).

Makanan merupakan salah satu nikmat Allah SWT yang patut kita syukuri, persoalannya kemudian ialah tidak semua orang dapat mengakses makanan dengan mudah, beberapa orang harus bersusah payah untuk mendapatkan sesuap nasi. Hambatan-hambatan yang dialami oleh seseorang dalam memperoleh makanan terkadang membuat orang tersebut sulit untuk mengucapkan rasa syukur atas apa yang telah mereka peroleh.

Padahal terdapat banyak cara untuk mengungkapkan rasa syukur terhadap nikmat yang kita peroleh. Berdoa misalnya, berdoa sebelum dan sesudah makan merupakan aktivitas yang dapat meneguhkan harapan bahwa makanan yang akan disantap akan membawa berkah dan memberi efek kesehatan bagi orang yang mengonsumsinya.

Hasil penelitian Dr. Masaru Emoto, salah seorang ilmuwan Jepang menunjukkan bahwa air ternyata mampu merespon kata-kata, baik secara positif ataupun negatif. Jika seseorang mengeluarkan perkataan yang baik seperti kata terima kasih maka kristal air akan berubah bentuk menjadi heksagonal yang indah. Sebaliknya, jika bertutur kata yang tidak baik seperti kata “bodoh” maka kristal air yang terbentuk sangat jelek.

Disisi lain, hampir semua makanan yang kita konsumsi mengandung air, sehingga lantunan doa yang diucapkan sebelum dan sesudah makan akan merubah kristal air yang terdapat di dalam makanan tersebut dan tentu saja akan memberi efek yang luar biasa kepada tubuh kita.

Bentuk rasa syukur lainnya ialah mengonsumsi makanan sesuai dengan kebutuhan. Seseorang dituntut untuk dapat mengetahui jumlah makanan yang sebaiknya dikonsumsi dalam sehari, hal tersebut merupakan salah satu upaya agar tidak mengonsumsi makanan secara berlebihan yang akan berakibat buruk pada kesehatan.

Menikmati Makanan

Mengunyah secara perlahan merupakan salah satu cara menikmati makanan, bahkan ada yang mengatakan bahwa makanan sebaiknya dikunyah sebanyak 30-33 kali bahkan untuk makanan yang memiliki tekstur keras sebaiknya dikunyah sebanyak 70 kali tujuannya ialah agar makanan mudah diserap oleh tubuh dan tidak membebani lambung dan usus.

Perlu kita ketahui bahwa aktivitas mengunyah merupakan salah satu rangkaian proses dari pencernaan makanan. Karena dalam aktivitas tersebut, melibatkan enzim-enzim yang terdapat di dalam air liur yang berfungsi memecah ikatan kimia makanan menjadi molekul-molekul yang lebih kecil. Ketika seseorang mengunyah terlalu cepat, maka enzim yang terdapat di dalam air liur belum sempat bekerja dan menyebabkan lambung dan usus akan bekerja lebih ekstra.

Agar seseorang dapat menikmati makanan dengan nyaman maka dibutuhkan makanan yang memiliki cita rasa yang enak serta penampilan yang menarik. Cita rasa yang enak diperoleh dari pemilihan bahan mentah yang segar, pengolahan serta bumbu yang tepat, sedangkan penampilan yang menarik diperoleh dari kombinasi bahan makanan yang digunakan, semakin beragam bahan makanan yang diolah maka semakin berwarna makanan yang dihasilkan.

Oleh karena itu, mari syukuri dan nikmati setiap makanan yang kita konsumsi agar tubuh menjadi lebih sehat dan semakin produktif, karena kamu adalah apa yang kamu makan.

Salam sehat, Blogger Gizi #10HariNonStopNgeblogGizi

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*