TELUR DAN KOLESTEROL

#SahabatGiziSeimbang yang baik, tidak lama lagi kita akan sampai di pertengahan bulan Ramadhan, itu artinya sebagain besar Ummat Muslim sudah mulai memikirkan jenis kue yang akan disajikan saat Idul Fitri nanti. Kue yang berbahan dasar tepung terigu, mentega dan telur ayam seperitnya akan menjadi pertimbangan utama.

Nah kali ini saya ingin berbagi info tentang telur dan kolesterol. Telur merupakan makanan sumber protein, lemak dan zat gizi mikro yang sangat dibutuhkan oleh tubuh. Hampir semua asam amino yang dibutuhkan oleh tubuh ada di dalam sebutir telur, disamping itu asam lemak omega 3 yang terdapat di dalam telur juga sangat baik untuk balita yang sedang masa pertumbuhan.

Hanya saja hingga saat ini telur masih menjadi kambing hitam terhadap peningkatan kadar kolesterol seseorang, padahal hasil penelitian terkini menunjukkan bahwa bagi kebanyakan orang SEHAT, kolesterol pada makanan, seperti telur, memiliki efek yang jauh lebih kecil terhadap kadar kolesterol total dan LDL tubuh, jika dibandingkan dengan efek asam lemak jenuh yang jauh lebih besar dan lebih berbahaya seperti yang terdapat di mentega dan daging berlemak.

Pada kenyataannya kandungan lemak jenuh pada telur tergolong rendah hanya sekitar 1,6 mg/50 gram telur. Penelitian terbaru juga menunjukkan bahwa konsumsi telur rebus yang moderat (1 butir/hari) tidak meningkatkan risiko penyakit jantung pada individu yang SEHAT dan dapat menjadi bagian dari diet yang sehat.

Respons kolesterol dalam tingkat serum manusia terhadap konsumsi kolesterol makanan tergantung pada beberapa faktor, yaitu etnisitas, susunan genetik, faktor hormonal dan status gizi seseorang.

Jadi tidak perlu khawatir mengasup telur rebus, yang perlu diwaspadai ialah cara pengolahan. Telur yang diolah dengan menggunakan minyak kelapa yg tidak layak akan meningkatkan kandungan lemak jenuh pada olahan tersebut. Telur yang menjadi bagian dari pembuatan kue yang dicampur dengan mentega juga akan meningkatkan kandungan asam lemak jenuhnya.

Selamat berpuasa, karena puasa itu menyehatkan.
*) diolah dari berbagai sumber

telur dan kolesterol

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*