Tinggi Badan Calon Polisi Pendek, Koq Bisa?

calon polisi pendek Saya sempat kaget ketika salah seorang kawan saya di Facebook mengirim sebuah gambar yang diambil dari salah satu berita di surat kabar, pada gambar tersebut tercantum sebuah kalimat : “Gugur” di Tinggi Badan pelamar Polisi di Sulsel Turun (lihat gambar di atas), Ada apa dengan calon Polisi kita?, apakah separah itu tinggi badan mereka? dan mengapa bisa demikian?.

Saya kemudian mencoba menelusuri persyaratan calon Polisi tahun 2015 di website resmi Kepolisian RI (Baca disini), di sana tercantum bahwa syarat untuk menjadi Brigadir ialah maksimal lahir bulan Februari 1998 dan minimal lahir bulan Agustus 1994, dengan tinggi badan untuk pria ialah 165 cm dan wanita 160 cm. Sedangkan persyaratan umur untuk Tamtama ialah lahir maksimal bulan Februari 1997 dan minimal lahir bulan Agustus 1993.

Artinya, calon polisi yang mendaftar tahun 2015 khususnya di Sulawesi Selatan memiliki tinggi badan di bawah standar yang dipersyaratkan oleh Kepolisian RI. Oleh karena itu, mari kita lihat apa yang terjadi pada tahun 1997-1998, yang merupakan syarat maksimal bulan kelahiran calon Polisi tahun 2015. Dalam sebuah artikel berjudul Laporan Akhir Tahun Bidang Ekonomi, Krisis Ekonomi 1998, Tragedi tak Terlupakan (Baca di sini) diketahui bahwa krisis ekonomi mulai berjalan di pertengahan tahun 1997 dan terus memburuk hingga tahun 1999, bahkan efek krisis tersebut masih kita rasakan hingga saat ini.

Salah satu kelompok yang merasakan dampak langsung dari krisis ialah ibu hamil dan anak yang lahir pada tahun 1997-1998. Mengapa demikian? Karena patut diduga pada saat itu mereka tidak memperoleh asupan makanan bergizi yang disebabkan oleh tingginya harga bahan makanan saat itu. Sebagaimana kita ketahui bahwa status gizi ibu sebelum dan selama kehamilan secara tidak langsung berkontribusi positif terhadap pertumbuhan dan perkembangan janin atau yang biasa disebut dengan istilah intrauterine growth retardation (IUGR), dan status gizi yang baik hanya bisa diperoleh dari asupan makanan yang bergizi. Disaat yang sama, anak-anak khususnya yang berusia dibawah 2 tahun yang tidak mendapatkan asupan makanan yang bergizi juga akan mengalami gangguan pertumbuhan di masa yang akan datang. (Baca di sini: Penyebab Tubuh Pendek?)

Masalahnya kemudian, saudara-saudara kita yang melamar menjadi Polisi tahun 2015 ini berada di dalam kandungan atau lahir ketika krisis ekonomi mulai melanda Negeri ini, dan apakah tinggi badan mereka saat ini yang menjadi penghalang tidak bisa memenuhi standar Tinggi badan Kepolisian merupakan efek dari Krisis Ekonomi? Entahlah, masih perlu dibuktikan dengan serangkaian riset dan kajian terhadap laporan-laporan hasil penelitian pada tahun tersebut.

Berangkat dari informasi awal tersebut akhirnya saya beserta dengan tim di Politeknik Kesehatan Kemenkes Makassar Jurusan Gizi akan mencoba melakukan penelusuran dalam jangka waktu dekat ini dengan mengukur tinggi badan dan berat badan mereka yang lahir pada tahun 1996-1999 di tiga lokasi yang berbeda yaitu daerah Perkotaan, Pedesaan dan Pesisir.

Semoga hasil dari penelusuran kami tersebut dapat menjawab kecurigaan kami selama ini terhadap dampak krisis ekonomi tahun1997-1998 pada pertumbuhan remaja saat ini. Karena kami meyakini bahwa Sulawesi Selatan sebagai salah satu lumbung pangan di Indonesia tidak terlalu mengalami dampak buruk dari krisis eknomi saat itu.

Mohon do’anya dan salam sehat

Referensi :

http://penerimaan.polri.go.id/

http://www.seasite.niu.edu/indonesian/Reformasi/Krisis_ekonomi.htmlA

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*