Tips Sehat Ibu Hamil Saat Ramadhan

#SahabatGiziSeimbang, untuk menemani waktu menunggu berbuka puasa sore ini, kali ini saya ingin berbagi info tentang ibu hamil dan Puasa Ramadhan, semoga info ini bermanfaat.

Secara umum, Ibu hamil disarankan agar tidak berpuasa khususnya saat ia menjalani trimester pertama dan ketiga kehamilan. Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa puasa selama kehamilan bukanlah ide yang baik, dan itu sangat tidak aman bagi ibu hamil yang memiliki diabetes untuk berpuasa, karena dapat mendatangkan malapetaka buat Ibu dan janin yang dikandungnya.

Pemenuhan zat gizi bagi Janin selama kehamilan sangat penting mengingat pertumbuhan organ-organ vital dibentuk pada periode tersebut, ketidakhadiran zat gizi yang cukup saat pembentukan organ akan membuat proses pembentukannya tidak akan berjalan secara maksimal.

Meskipun demikian, Syekh Ibnu Utsaimin Rahimahullah berkata, “Wanita hamil kondisinya ada dua, yaitu Pertama: Dirinya kuat dan giat, tidak sulit baginya berpuasa dan tidak berpengaruh bagi janinnya. Wanita seperti ini wajib berpuasa, karena tidak ada uzur bagi wanita tersebut untuk meninggalkan puasa. Kedua: Wanita tersebut tidak kuasa berpuasa, karena hamilnya berat, atau fisiknya lemah atau sebab lain, dalam kondisi seperti ini, hendaknya dia berbuka. Apalagi jika berbahaya bagi janinnya, ketika itu dia bahkan wajib berbuka.” (Fatwa Syekh Ibnu Utsaimin, 1/487)

Jika seorang ibu hamil merasa kuat dan cukup sehat untuk berpuasa, ia dapat melakukannya dengan beberapa catatan, antara lain :

• Diskusikan dengan bidan atau dokter kandungan Anda sebelumnya, untuk memastikan bahwa Anda sehat untuk berpuasa.
• Jadwalkan pemeriksaan rutin sepanjang bulan Ramadhan, untuk memastikan tubuh Anda benar-benar siap untuk berpuasa.
• Buat rencana makan, untuk memastikan bahwa semua kebutuhan asupan zat gizi dan janin anda terpenuhi.
• Kurangi minuman yang mengandung kafein dan makanan ringan yang tinggi gula dan natritum sebelum puasa, sehingga mengurangi kemungkinan risiko kesehatan saat berpuasa
• Berbicaralah kepada atasan Anda tentang mengurangi jam kerja atau istirahat ekstra, untuk memastikan bahwa Anda memiliki waktu yang cukup untuk beristirahat.

Jadi sekali lagi, berpuasa bagi ibu hamil bukanlah ide yang baik.
Selamat Berpuasa, karen puasa itu menyehatkan

ibu hamil

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*